Minggu, 09 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 34


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 34

Metode pelatihan diri dalam waktu keseharian

Ada pula yang berkata : “Saya juga ingin melafal Amituofo, tetapi urusan saya banyak, tidak punya waktu luang buat melafal Amituofo”.

Saya menjawab : Saya ajari anda cara yang bagus, yang takkan mengganggu kesibukan anda. Bahkan cuma melafal Amituofo saja, jadi lebih gampang, tak peduli saat berjalan, berdiri, duduk maupun berbaring, bekerja, juga boleh dilakukan sambil melafal Amituofo di dalam hati.

Kalau sehari bisa melafal sepuluh ribu kali, atau beberapa puluh ribu kali, maka ini amat bagus. Walaupun hanya seribu lafalan atau beberapa ribu lafalan, juga sangat bagus, jadi sama sekali tidak sulit.

Selain itu juga harus membangkitkan tiga jenis ketulusan hati, yaitu :
1.    Menyadari bahwa hidup di dunia ini adalah sungguh sengsara, maka itu harus merasa muak, tidak sudi lagi bertumimbal lahir.
2.    Menyadari bahwa terlahir ke Alam Sukhavati adalah sangat bagus, bersukacita pada Alam Sukhavati, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.
3.    Membangkitkan tekad setelah terlahir ke Alam Sukhavati, bertemu dengan Buddha Amitabha, melatih diri hingga mencapai keberhasilan, lalu kembali lagi ke dunia ini untuk menyelamatkan semua makhluk agar terlahir ke Alam Sukhavati, selamanya menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan sejati.     

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
(三十四)

日常修持方法

  又有人說道:我也很想念佛,不過我的事情很多,沒有功夫念佛。
  
我回答他道:我教你的好法子,並不礙你做事情的功夫。況且專門念阿彌陀佛一句佛號,更加容易了, 不論你走路的時候、立的時候、坐的時候、睡的時候、做事情的時候,隨便都可以念的。一天能夠念一萬聲、幾萬聲,自然是最好。就是念一千聲、幾千聲,也是很 好的,並沒有什麼難處。

  還要發三種誠心,自然一定會成功了。哪三種誠心呢?第一種,是要曉得我們現在這個世界,是很苦的,要討厭他,不要想住在這 個世界上。第二種,是要曉得西方極樂世界,是很好的,要喜歡他,一心要到西方極樂世界去。第三種,是要立定主意,將來到了西方極樂世界去,見了佛,得了 道,再回到這個世界上來,度這個世界上的一切眾生,都生到西方極樂世界去,做永遠離開種種苦處,受享種種樂處的上善人。有了這樣三種誠心,再能夠照上邊念 佛的法子去做,一定包可以修成了。

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿