Minggu, 07 Agustus 2016

Lebih Giat Melatih Diri 14



Momen Untuk Lebih Giat Melatih Diri
Bagian 14

Belajar Ajaran Buddha adalah mengandalkan Buddha Dharma dan bukan mengandalkan orangnya

Belajar apa saja tentunya harus ada guru yang bijak, guru yang tidak memiliki pemahaman yang benar, maka akan menghasilkan murid yang tidak berkualitas, orang jaman dulu berkata : “Belajar pada guru yang bijak”, Buddha Dharma menyebutkan : “Belajar pada kalyanamitra, menjauhi papamitra”. 

Kalau hanya menilai dari penampilan luar, yang bisa mengajari anda rahasia, mengaku sebagai kalyanamitra di hadapan anda, lalu mengajari anda metode rahasia dan minta imbalan, maka sesungguhnya ini adalah papamitra.

Kalyanamitra sejati takkan menyimpan rahasia, takkan ada maksud terselubung, niat buruk, ini barulah disebut sebagai rahasia!

A Mi Tuo Fo barulah merupakan ajaran rahasia, Buddha Sakyamuni hanya dengan satu huruf “A” sudah menemukan kembali jiwa sejati, sedangkan kita sendiri, sudah melafal lengkap masih juga belum tercerahkan.

Amitabha Sutra menyebutkan “Melafal Amituofo, pikiran terfokus tak tergoyahkan”, kalimat inilah merupakan Pintu Dharma Ajaran Rahasia, tapi anda masih tidak sudi menghendakinya, masih saja suka mencari-cari ilmu sesat lainnya, suka mencari-cari pada yang minta imbalan.  

Minta imbalan mungkin masih merupakan persoalan kecil, tapi kalau terjebak dalam pengetahuan sesat dan pandangan sesat, maka selamanya akan berputar dalam roda samsara, takkan memperoleh pembebasan.

Sekarang di dalam masyarakat banyak sekali aliran sesat, seperti belajar Ajaran Buddha sampai pergi bunuh diri, mengira bahwa dengan bunuh diri bisa memperoleh pembebasan.      

Di sini Master Lianchi menceramahkan bahwa sepatah Amituofo merupakan rahasia untuk mengakhiri samsara, keluar dari tumimbal lahir, merupakan Dharma yang sulit diyakini!

Petikan Ceramah Upasaka Li Bing-nan
Pada Tahun Baru 1979 Masehi
Disusun oleh : Majalah Bulanan Minlun


(十四)

學佛依法不依人

學什麼都得有明師,老師不明白便教不出好學生,古人言:「親近明師」,佛法言:「親近善知識,遠離惡知識」。現在光看外表,會教你祕密的,說得巧的就是善知識,教你祕密還要先收紅包。真的善知識沒秘密,只要治你的病,凡情就是你的病,但去凡情就沒事了,金剛經云:「應無所住而生其心」心中沒有住留凡情,把壞主意去掉,見思惑自然沒有了,就成功了,這就是祕密!阿彌陀佛四字是真秘密,這是梵文咒語。釋迦牟尼佛以一個「阿」字就能明心見性,何必六個字?我們是半個字也不會。三藏十二部若沒有這「阿」字,那經典一個字都沒有了,所以佛學辭典有「阿字觀」。彌陀經說的「執持名號,一心不亂」,這八個字就是祕密法門,你偏不要,要去找邪魔外道,要紅包你才喜歡。紅包送上還算小事,中邪得了邪知邪見,更增加見思惑,更增加若干生死,永遠不得解脫。現在社會上很多邪知邪見,如學佛學到去自殺的,誤以為自殺就是解脫,不能解脫就自殺。這裡蓮池祖師開示,一句阿彌陀佛就是了生死的大祕密,是出生死的堂堂大路,是難信之法啊!

文摘恭錄 :
正是用功時節
李炳南老居士講述
民國六十八年元旦慎齋堂開示
明倫月刊社整理