Sabtu, 09 Juli 2016

Pelafalan Amituofo 06



Pintu Dharma Pelafalan Amituofo
(Bagian 6)

 Master Ciyun Chanzhu membuat perbandingan antara alam saha dengan Alam Sukhavati, menasehati kita agar melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati :


1.      Di alam saha jarang sekali bisa bertemu dengan Buddha; sedangkan di Alam Sukhavati, begitu bunga bermekar langsung bersua dengan Buddha Amitabha bahkan senantiasa berada bersamaNya.

2.     Di alam saha tidak mendengar Buddha Dharma; sedangkan di Alam Sukhavati, air, burung jelmaan, pepohonan, semuanya dapat mengumandangkan Dharma yang menakjubkan.

3.     Di alam saha mudah jatuh ke dalam pergaulan buruk; sedangkan di Alam Sukhavati, merupakan tempat berkumpulnya insan yang memiliki kebajikan tertinggi.

4.    Di alam saha kelompok Mara dapat membuat kekacauan; sedangkan di Alam Sukhavati, para Buddha memberi perlindungan sehingga jauh dan terhindar dari gangguan Mara.

5.     Di alam saha bertumimbal lahir tanpa henti; sedangkan di Alam Sukhavati, selamanya terbebas dari roda samsara.

6.    Di alam saha sulit terhindar dari jatuh ke tiga alam penderitaan; sedangkan di Alam Sukhavati, selamanya takkan jatuh lagi ke tiga alam penderitaan, bahkan istilahnya saja takkan kedengaran.

7.     Di alam saha banyak jalinan jodoh buruk yang menghalangi pelatihan diri; sedangkan di Alam Sukhavati, segala keperluan terpenuhi dengan sendirinya, tak perlu dikelola lagi.

8.    Di alam saha, usia manusia begitu pendek; sedangkan di Alam Sukhavati usia penduduknya dan usia Buddha adalah sama yakni tanpa batas.

9.    Pelatihan diri di alam saha mudah mengalami kemunduran batin, sedangkan di Alam Sukhavati, dalam satu kelahiran mencapai KeBuddhaan, selamanya takkan mengalami kemunduran lagi.

10.  Pelatihan diri di alam saha sulit berhasil; sedangkan di Alam Sukhavati, hanya dalam satu kelahiran langsung mencapai kesempurnaan.

Dipetik dari :
 Ceramah Master Wen Zhu 
Judul : Pintu Dharma Pelafalan Amituofo


念佛法门
()

慈云忏主,更引用修行难阳十事比对,说明娑婆与极乐两个世界的苦乐悬殊,而劝导我们,当念佛发愿,求生极乐世界。

一、此土常不见佛;彼土花开见佛常得亲近。
二、此土不闻佛法;彼土水鸟树林皆宣妙法。
三、此土恶友牵缠;彼土诸上善人俱会一处。
四、此土群魔恼乱;彼土诸佛护念远离魔事。
五、此土轮回不息;彼土横截生死永脱轮回。
六、此土难免三途;彼土永离恶道且不闻名。
七、此土尘缘障道;彼土受用自然不俟经营。
八、此土寿命短促;彼士寿与佛同无有限量。
九、此土修行退失,彼土入正定聚永不退转。
十、此土尘劫难成;彼土一生行满所作成办。

节录自 :