Rabu, 13 Juli 2016

Pelafalan Amituofo 19



Pintu Dharma Pelafalan Amituofo
(Bagian 19)

7.      Membangkitkan Bodhicitta
Di dalam Maha-ratna-kuta Sutra, Buddha Sakyamuni memberitahu Ananda : “Apabila ada putra berbudi dan putri berbudi, bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, ingin bersua dengan Buddha Amitayus, maka harus membangkitkan Bodhicitta tertinggi yang tiada taranya”.

Yang dimaksud dengan membangkitkan Bodhicitta tertinggi ini adalah membangkitkan tekad untuk mencapai KeBuddhaan dan menyelamatkan para makhluk.     

Praktisi pelafal Amituofo yang berniat menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan, sehingga bertekad terlahir ke Negeri Buddha Amitabha, juga harus merenungkan penderitaan para makhluk lainnya sehingga membangkitkan Bodhicitta tertinggi, semoga jasa kebajikan dari melafal Amituofo, jasa kebajikan dari mengamalkan sila, dilimpahkan kepada semua makhluk di Dharmadhatu, bersama-sama terlahir ke Alam Sukhavati, mencapai ketidakmunduran. Maka itu membangkitkan Bodhicitta juga merupakan salah satu butir dari Karma Suci.    

8.    Yakin pada Hukum Karma
Segala kejadian di dunia ini pasti ada sebab akibatnya, ada sebab baru ada akibat, ini merupakan kenyataan yang tidak bisa dimungkiri oleh siapapun.

Orang jaman dulu berkata : “Kebajikan dan kejahatan ada balasannya, bukan tidak ada balasan, cuma waktunya belum sampai”. Juga menyebutkan : “Insan yang menimbun kebajikan, anak cucunya juga ikut menikmati berkah, insan yang melakukan kejahatan, pasti akan ditimpa petaka”.

Semua ini menasehati kita untuk memahami Hukum Karma, sejak dulu hingga sekarang, banyak kisah nyata tentang Hukum Karma yang menjadi buah bibir masyarakat.

Dipetik dari :
 Ceramah Master Wen Zhu 
Judul : Pintu Dharma Pelafalan Amituofo


念佛法门
(十九)

七发菩提心:在大宝积经中,佛告阿难:若善男子,善女人,愿生极乐世界,欲见无量寿佛,应发无上菩提心。发无上菩提心,即是发起追求佛果无上正等正觉的心,愿成佛道,愿度众生。念佛人固然是为了自己离苦得乐,求生佛国,也要同时观众生苦,发菩提心,愿将自己念佛、持戒的功德,回向法界众生,同登佛国,得不退转。是以发菩提心,亦是净业之一。

八深信因果:世间事必由因,有因必有果,因果相类,因果相随,是谁也不能否认的事实。古人说;善有善报,恶有恶报,若然不报,时辰未到。又说:积善之家,必有余庆,积不善之家,必有余殃。都是劝人明白因果,止恶行善的至理名言。而事实上,中外古今,历史记载因果报应的事实,不胜枚举。

节录自 :