Senin, 10 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 41


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 41

Cara untuk menfokuskan pikiran

Ada orang yang berkata : Saya selalu melafal Amituofo, tetapi entah apa sebabnya, kalau tidak melafal Amituofo pikiranku tidak bermasalah. Begitu melafal Amituofo, bentuk-bentuk pikiran yang bermunculan banyak sekali, muncul dan lenyap tak karuan dan tanpa henti. Ingin menenangkannya tapi malah makin tidak tenang, sulit menfokuskan pikiran melafal Amituofo. Bentuk-bentuk pikiran yang begitu banyak, walaupun melafal Amituofo tapi mungkin juga tiada gunanya.

Saya menjawab : Mulut melafal Amituofo tapi pikiran berkeliaran, ini memang tidak baik. Tetapi seorang manusia biasa, pikirannya adalah sangat kacau. Baru saja memulai melafal Amituofo, mana mungkin bisa langsung tenang hatinya? Asalkan kalian mau melafal dengan tulus, seiring berjalannya waktu, dengan sendirinya pikiran akan berangsur-angsur jadi tenang, hal ini tidak bisa dilakukan dengan tergesa-gesa.   

Lagi pula selama ini pikiran kita memang sudah kacau, jadi bukan karena melafal Amituofo barulah terasa kacau. Hanya saja setelah melafal Amituofo, barulah menyadari tenyata diri sendiri memiliki banyak bentuk-bentuk pikiran. Sebelum melafal Amituofo masih belum menyadari bahwa pikiran sendiri ternyata begitu kacaunya, jadi meskipun bentuk-bentuk pikiran terus menerus bermunculan, juga dibiarkan begitu saja! 

Ibarat di udara memang terdapat banyak debu, tetapi kebanyakan orang tidak melihatnya. Begitu ada matahari yang menyinarinya, maka akan tampak jelas debu-debu yang beterbangan dan banyak sekali.

Sebelum melafal Amituofo, tidak menyadari akan banyaknya bentuk-bentuk pikiran. Bukan berarti bentuk-bentuk pikiran tidak banyak, hanya saja diri sendiri tidak menyadarinya.

Ibarat debu, sebelum ada matahari yang menyinarinya, bukan berarti debu itu tidak ada, hanya saja manusia tidak melihatnya. Setelah mulai melafal Amituofo maka jadi menyadari bentuk-bentuk pikiran yang bermunculan itu banyak sekali. Juga bukan karena melafal Amituofo sehingga bentuk-bentuk pikiran jadi banyak, hanya saja setelah melafal Amituofo jadi menyadarinya.  

Ibarat debu bukanlah karena ada sinar matahari barulah ada, hanya saja ketika disinari matahari, barulah tampak jelas. Setelah melafal Amituofo menyadari bentuk-bentuk pikiran yang banyak, merasa pikiran jadi begitu kacau, sebelum melafal Amituofo pikiran masih terasa lebih tenang, maka itu insan yang bisa menyadari hal ini sesungguhnya telah mengalami kemajuan batin.

Asalkan bisa bersabar, dengan tulus melanjutkan melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus, maka berangsur-angsur bentuk-bentuk pikiran akan reda dengan sendirinya.

Cara yang bagus untuk menfokuskan pikiran adalah mendengar suara lafalan Amituofo, mendengar dengan jelas setiap kata yang dilafalkan suara sendiri. Sambil melafal sambil mendengar suara lafalan, dengan demikian pikiran takkan berkeliaran, dengan sendirinya dapat terfokus. 

Perlahan-lahan setelah terbiasa maka pikiran pun akan tenang dengan sendirinya. Cara ini mudah dilakukan, kalau tidak percaya silahkan mencobanya. 

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
四十一

攝心妙法

又有人說道:我常常念佛的。不曉得什麼緣故,不念佛的時候,心裏頭倒還好。一念了佛,心裏頭的念頭就多得了不得了,忽然一個念頭起來,忽然一個念頭落下,竟然沒有停歇的時候。要他心靜,越不能夠靜,一些不能夠一心一意的念佛。胡思亂想這樣的多,恐怕念了也沒有用。

我回答他道:口裏頭念佛,心裏頭想到旁處去,確是不好的。不過一個平常的人,心裏頭都是很亂的。起初念佛,哪里就會心靜?你們只要誠心念,慢慢 的日子長久了,就自然會漸漸的心靜起來的,這倒可以不必性急。況且你們心裏頭亂,是向來亂的,並不是念了佛才亂的。不過念了佛,自己剛才覺得心亂罷了。你 們沒有念佛的時候,心裏頭儘管亂,自己還不覺得哩!

譬如天空裏頭,本來灰塵是很多的,不過人多看不見罷了。一有太陽光照了,就看見亮光裏頭,飛的灰塵多得了不得了。你們沒有念佛的時候,不覺得念 頭多。並不是念頭不多,不過自己不覺得罷了。譬如灰塵,沒有被太陽光照的時候,並不是沒有灰塵,不過人看不見罷了。等到你們念了佛,念頭就覺得多。也並不 是念了佛,念頭才多的。不過念了佛,才覺著罷了。譬如灰塵,並不是太陽光照了才有的,不過太陽光照了,才看得出來罷了。現在你們念了佛,覺得念頭多,覺得 心很亂。實在你們的心,比沒有念佛的時候已經靜了,所以覺著的,實在是已經進步了。你們只要耐了心,誠心去念,就能夠一天進步一天,慢慢的心就可以不亂 了。

  我還有一個極容易的法子教你們,可以使得你們的心容易靜的。就是你們在念佛的時候,無論是高聲念,是低聲念,只要自己聽自己念佛的聲音,要個個 字聽得清楚。一邊念,一邊聽,那個心自然不能夠想到旁處去了,自然會歸在一處了。一天一天,漸漸的聽慣了,自然心就會不亂了。這是極容易試驗的,你們若是 不相信,你們可以先去試試看,究竟我的話靈驗不靈驗?

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿