Selasa, 19 Juli 2016

Pandangan Benar 07



Pandangan Benar dan Pandangan Sesat 
(Bagian 7)

 Menurut perhitungan dalam Ajaran Buddha, waktu yang paling singkat disebut sebagai sekejab, waktu yang paling panjang disebut sebagai satu kalpa. Kalpa itu ada kalpa besar, kalpa menengah dan kalpa kecil, juga ada yang disebut sebagai masa lampau, masa sekarang dan masa yang akan datang.

Kalpa besar masa sekarang ini disebut sebagai Bhadra-kalpa. Bermula dari usia manusia yang hanya tersisa 10 tahun saja, setiap melewati seratus tahun akan bertambah setahun, demikianlah selanjutnya hingga usia manusia mencapai 84 ribu tahun, lalu kembali berkurang, setiap seratus tahun akan berkurang setahun, hal ini akan berlangsung hingga usia manusia cuma tinggal 10 tahun saja, periode proses pertambahan dan pengurangan ini disebut sebagai satu kalpa kecil.     

20 kalpa kecil disebut sebagai 1 kalpa menengah, proses pembentukan, berlangsung, rusak dan kosong, disebut empat kalpa menengah yang juga merupakan 1 kalpa besar. Ketika waktu sudah mencapai ambang batas 1 kalpa besar, inilah yang disebut hari kiamat, bumi rusak dan musnah, seluruhnya jadi kosong. Tetapi setelah kosong, dunia kembali terbentuk lagi, setelah melewati 20 kalpa kecil kemudian, akan memasuki tahapan keberlangsungan. 

Kalpa keberlangsungan sekarang ini disebut sebagai Bhadrakalpa, Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini adalah pada masa Bhadrakalpa, yakni kalpa ke-9 dari kalpa pengurangan usia, saat itu usia manusia rata-rata adalah seratus tahun; Buddha Sakyamuni memasuki Parinirvana pada 2500 tahun yang silam, kini usia rata-rata manusia adalah 75 tahun. 

Lebih dari 6000 tahun mendatang, ketika usia rata-rata manusia hanya tersisa 10 tahun, kejahatan yang dilakukan manusia semakin ekstrim tiada batas lagi, lobha (ketamakan), dosa (kebencian) dan moha (kebodohan) meningkat terlampau tajam, kejahatan banyaknya jauh melampaui kebajikan, tiada belas kasih lagi, sesama manusia bila bertatap muka bukannya saling menyapa, namun yang muncul adalah niat saling membunuh, tangan tidak menggenggam smartphone lagi tapi menggenggam senjata tajam. 

Oleh karena dipengaruhi kekuatan karma, sehingga kalpa pembunuhan akan berlangsung selama tujuh hari, yang disebut dengan “Kalpa pembunuhan dan peperangan”. 

Oleh karena hati manusia sudah sedemikian jahat dan beracun, membunuh orang-orang yang tidak berdosa, sementara itu makhluk hidup akan memuntahkan hawa beracun, wabah penyakit merajalela, yang terserang langsung mati, kejadian ini akan berlangsung selama tujuh bulan lamanya, ini disebut sebagai “Bencana wabah penyakit”. 

Juga oleh karena hati manusia sudah sesat dan berpandangan sesat, tidak tahu lagi membedakan benar dan salah, tidak memilih mata pencaharian yang benar, sehingga Dewa dan Naga jadi marah, untuk jangka waktu yang lama tidak menurunkan hujan, terjadi bencana kekeringan dan panen gagal, banyak manusia yang mati kelaparan; sedangkan yang masih hidup akan mengutip tulang-tulang orang mati, lalu direbus dan supnya diminum untuk bertahan hidup, ataupun mengganjal perut dengan makan kulit pohon, kejadian ini akan berlangsung selama tujuh tahun lamanya, disebut sebagai “Bencana Kelaparan dan Gagal Panen”.  


Dipetik dari :
Ceramah Master Wen Zhu 
Judul : Pandangan Benar dan Pandangan Sesat


正見與邪見
 (七)

佛教對時間的計算,最短名一剎那,最長名一劫。而劫又有大、中、小之分,更有過去,現在,末來之別。過去大劫名莊嚴劫,現在大劫名賢劫,未來大劫名星宿劫。以人壽十歲開始,過一百年增一歲,增至人壽八萬四千歲時,又開始過一百年減一歲,直減至人壽十歲,如是一增一減,所經的歲月名一小劫。積二十小劫為一 中劫,積成、住、壞、空,四個中劫名一大劫。大劫臨頭,即世界末日,地球毀滅,一切歸於空。但繼空劫之後,世界又開始成長,當世界成長經過二十個小劫的長時間後,又進入住劫。

現在的住劫名賢劫,釋尊降生於賢劫中,第九劫的減劫,當時人的壽,平均一百歲;釋尊入滅已二千五百多年,現今娑婆世界人類的壽命,平均應該是七十五歲。在六千多年後,人壽減至十歲時,人性凶惡無比,貪瞋痴熾盛,多行不善,無慈愍心,彼此相見,互起殺心,隨手所執皆是利器。由於業力的驅使,大殺七天,名刀兵災。因人心惡毒,殘殺無辜,致使非人吐毒,疾疫流行,遇之即死,如是個七月,名疾疫災。又因人心顛倒邪見,不知善惡,不務正業,天龍瞋怒,久不降雨,因旱成災,五谷失收,人多餓死;未死之人,收集白骨,煎水取汁飲以活命,或取樹皮用以充飢,歷時七載,名飢饉災。

节录自 :