Minggu, 10 Juli 2016

Pelafalan Amituofo 11



Pintu Dharma Pelafalan Amituofo
(Bagian 11)

2.      Tekad : Dengan membangkitkan keyakinan barulah bisa mengikrarkan tekad. Di dalam Amitabha Sutra, Buddha Sakyamuni menasehati kita sebanyak tiga kali : “Para makhluk yang mendengar pembabaran sutra ini, seharusnya mengikrarkan tekad terlahir ke Negeri Buddha Amitabha”.

Master Che Wu berkata : “Praktisi yang melatih Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, harus memiliki keyakinan yang mendalam dan tekad yang bulat, barulah takkan tergoyahkan oleh keraguan, segala kondisi takkan dapat memutarnya”.

Maka itu praktisi pelafal Amituofo yang berniat terlahir ke Alam Sukhavati, mesti membulatkan tekad. Bertekad menjauhi alam saha, bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati; bertekad semoga saat menjelang ajal, dapat mengetahui waktunya terlahir ke Alam Sukhavati, tubuh tidak menderita penyakit; semoga Buddha bermaitri karuna menuntun, datang secara langsung melakukan penjemputan; bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, bertemu Buddha mendengar pembabaran Dharma, mencapai Anutpattika-dharma-ksanti; bertekad kembali ke dunia saha menyelamatkan para makhluk, menyempurnakan tekad KeBodhian.

Master Ling Feng berkata : “Jika ingin memastikan diri sendiri berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, maka dengan keyakinan sebagai penuntun arah depan, tekad sebagai bagian belakang; dengan memiliki keyakinan yang teguh dan tekad yang bulat, meskipun melafal Amituofo tidak terfokus, juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Sebaliknya apabila keyakinan tidak benar, tekad juga tidak bulat, meskipun pikiran terfokus tak tergoyahkan, juga tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati”.

Dapat dilihat bahwa keyakinan mendalam dan tekad menyeluruh, bagi upaya terlahir ke Alam Sukhavati, adalah sedemikian pentingnya!

3.     Pengamalan : Setelah membangkitkan keyakinan mendalam terhadap ucapan Buddha, lalu mengikrarkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, selanjutnya adalah mengamalkannya, yakni menfokuskan pikiran melafal Amituofo.


Dipetik dari :
 Ceramah Master Wen Zhu 
Judul : Pintu Dharma Pelafalan Amituofo


念佛法门
(十一)

2.愿:愿是志愿、发愿、愿力,信心既深,还要立志发愿,无愿不生。释尊在阿弥陀经中,再三劝导我们说:众生闻者,应当发愿,生彼国土。愿贵在志诚恳切,更要坚固。彻悟大师说:修习净业,信贵深,愿贵切,以信深愿切,一切邪说,莫能摇惑,一切境缘,莫能引转。因此,念佛求生极乐国土的人,一定要发愿深切。愿离娑婆世界,愿生极乐国土;愿临命终时,自知时至,身无病苦;愿佛慈悲摄受,亲来接引;愿生净土,即得见佛闻法,悟无生忍;愿再来娑婆,广度众生,满菩提愿。

灵峰大师说:欲决定得生极乐世界,莫如以信为前导,愿为后鞭;信得决,愿得切,虽散心念佛,亦得往生。信不真,愿不猛,虽一心不乱,亦不得生。可见深信切愿,对于求生净土,是非常的重要!

3.行:行是实行,既深信佛语,决意发愿,求生净土,就要继之以实行,一心念佛。


节录自 :