Senin, 10 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 40


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 40

Perumpamaan Kisah Terlahir ke Alam Sukhavati

Pada jaman dulu ada seorang Bhiksu yang menfokuskan diri melafal Amituofo, bernama Master Hui Yuan. Beliau membentuk sebuah kelompok yang terdiri dari praktisi pelafal Amituofo di Lushan, Provinsi Jiangxi, setiap hari mereka melafal Amituofo bersama.

Suatu hari ketika sedang melafal Amituofo, tiba-tiba Master Hui Yuan melihat Buddha Amitabha, Bodhisattva Avalokitesvara, dan Bodhisattva Mahasthamaprapta, muncul di angkasa dan berkata padanya : “Tujuh hari lagi kamu akan terlahir di negeri Kami”.

Ternyata benar, tujuh hari kemudian, Master Hui Yuan meninggal dunia dalam posisi duduk bersila. Master Hui Yuan kemudian ditetapkan sebagai Guru Sesepuh Aliran Sukhavati yang pertama.

Kemudian masih banyak praktisi lainnya yang juga berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, bahkan jumlahnya sangat banyak!

Pada masa Dinasti Song ada seorang sarjana yang bernama Wang Ri-xiu, merupakan orang yang berpendidikan tinggi, tetapi malah tidak sudi diangkat jadi pejabat, dia memilih menyebarluaskan Ajaran Buddha kepada orang banyak.

Bahkan kapan saja dan di mana saja, dia selalu menasehati orang lain agar melafal Amituofo. Setiap hari dia melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus, selain melafal Amituofo juga melakukan namaskara pada Buddha Amitabha, setiap hari dia mewajibkan dirinya bernamaskara sebanyak seribu kali.

Sampai saat menjelang ajal, dia berdiri sambil melafal Amituofo, tiba-tiba berkata : “Buddha Amitabha datang menjemput diriku!”

Selesai mengucapkan perkataan ini, dia masih tetap berdiri dan tidak bergerak, hanya saja tidak kedengaran lagi suaranya melafal Amituofo. Murid-muridnya mendekati dan mengamati dirinya, tak diduga dia telah meninggal dunia dalam posisi berdiri.

Wang Ri-xiu juga menulis buku yang menasehati orang agar melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati. Dia juga mengukir buku ini di atas papan kayu. Sampai di mana beliau pergi, sampai di situ pula beliau mengukirnya, keseluruhannya berjumlah lebih dari 20 set.

Wang Ri-xiu menginginkan supaya semua orang mengenal manfaat melafal Amituofo, makanya mengukir sampai begitu banyak. Sampai setelah beliau meninggal dunia, ada juga orang lain yang mengukir buku tersebut di papan kayu, lalu mengukir wujud Wang Ri-xiu ketika wafat dalam posisi berdiri, di halaman depan buku tersebut, sebagai ungkapan hormat padanya.

Selanjutnya ada seorang pejabat yang bernama Lǚ Yuan-yi, juga meneladani Wang Ri-xiu melafal Amituofo dan bernamaskara pada Buddha Amitabha, mengukir buku hasil karya Wang Ri-xiu di atas papan kayu. Ketika mengukir sampai pada pertengahan papan, dari dalam papan kayu tersebut muncul tiga butir sarira.

Sarira atau relik muncul dari hasil perabuan jasad, praktisi yang memiliki sarira adalah berkat jasa kebajikan dari sila, samadhi dan prajna, yang telah melatih diri dengan sangat tinggi dan mendalam.

Kejadian ini adalah kenyataan, kisah Wang Ri-xiu yang begitu menakjubkan ini, sesungguhnya bukanlah satu-satunya, masih banyak kisah serupa yang tercatat sepanjang sejarah.

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
(四十)

往生例證

  我再告訴你們,從前東晉的時候,有一個專誠念佛的和尚,叫慧遠法師。他在江西廬山上,結了一個念佛的會,天天念佛。那一天正在念佛的時候,忽然 看見阿彌陀佛同了觀世音、大勢至兩位大菩薩,都在天空裏頭候著,對這慧遠法師說道:再過七天,你就要生到我們的國裏頭來了。等到過了七天,那慧遠法 師,真的就坐化了(坐著死的,叫做坐化)。這個法師,就是我們中國修念佛法子的第一個祖師。

  從慧遠法師起,後來照了這個法子,修到西方極樂世界去的人,不曉得有多少哩!宋朝時候,還有一個京師大學的進士,是龍舒地方的人,姓王,名叫日 休。他是一個極有學問的人,他不肯做官,情願受信佛人的聘請,教授信佛人家的子弟。並且他隨處隨緣,勸人念佛。他自己更是天天不斷的念阿彌陀佛,念了還 拜,每日總要拜到一千拜。到了臨死的那一天,他正是立在那裏念佛,忽然說道:佛來迎接我了!說完了這句話,他的身體仍舊立著不動,不過就不聽見他念佛 的聲音了。他的弟子們,就走到他身邊去看看,哪里曉得他已經立化了(立著死的,叫做立化)。你們看看,這種事情,稀奇不稀奇呢?

  他還做了一本書,叫做《龍舒淨土文》,專門勸人念佛求生到西方極樂世界去的。他把這本書自己親自刻了木板。走到這裏,就在這裏刻一副。走到那 裏,就在那裏刻一副。他自己親自刻的木板,總共有二十多副。他因為要天底下的人,大家曉得念佛的好處,所以刻得這樣的多。到他死了過後,後來有人把這本 《龍舒淨土文》再刻一副木板,就把他念佛立化的像,刻在這本書的前面,表明白尊敬崇拜他的意思。

  後來還有一個做官的人,名叫呂元益,是向來照了他所說的法子念佛拜佛的,也要刻《龍舒淨土文》的木板。刻到半中間,木板裏頭,刻出三顆舍利來 了。(舍利,是印度國的話,我們中國叫做身骨。凡是成佛、成菩薩、成羅漢的人,同了得道的高僧,死後肉身焚化起來,就會有舍利出來的。若是成佛、成菩薩的 人,那種舍利,比了金剛還要堅硬到百倍。若是高僧的,那就不能夠這樣的堅硬了。所以肉身焚化了,能夠有舍利出來的緣故,都是因為戒、定、慧三種的功德,修 到很高深了,才能夠有這種的奇怪事情。)你們看看,稀奇不稀奇呢?

  這件事情,是確確實實的。不但是王龍舒先生,有這樣奇怪的事情。就是別種書上所說的,念佛生到西方極樂世界去的人,像王龍舒先生一樣的,實在還多得很哩。都是有名有姓,可以查考的。難道還可以不相信麼?

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿