Jumat, 07 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 25


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 25

Seorang praktisi mesti bisa mengamalkan Lima Sila barulah bisa mempertahankan raga manusia, masih bisa terlahir kembali di Alam Manusia.

Kalau bisa mengamalkan Pancasila Buddhis dengan baik, tidak melanggarnya sama sekali, maka pada masa kehidupan sekarang dapat memperoleh kekayaan, usia panjang, segala hal terwujud sesuai dengan keinginan. Setelah meninggal dunia akan bertumimbal lahir di keluarga kaya raya, menikmati kesenangan duniawi.

Sebaliknya apabila tidak mengamalkan Lima Sila maka pada masa kehidupan sekarang tak terhindarkan dari pengurangan pahala dan usia. Setelah meninggal dunia, mengikuti berat ringannya karma yang diperbuat, jatuh ke Alam Binatang,  Alam Setan Kelaparan, Alam Neraka, selamanya menjalani siksaan! 

Kalau sudah sempat jatuh ke Alam Binatang, Alam Setan Kelaparan, Alam Neraka, maka kesempatan untuk terlahir kembali jadi manusia adalah hal yang amat sulit sekali. Maka itu ada sebuah kalimat yang berbunyi : “Begitu kehilangan raga manusia, puluhan ribu kalpa tidak bisa memperolehnya kembali”.

Maka itu terlahir sebagai manusia merupakan hal yang amat sulit sekali. Manusia hendaknya disiplin dalam menjalankan sila, jangan sampai melanggarnya sehingga kehilangan raga manusia.

Lagi pula apabila jatuh ke Alam Setan Kelaparan, maka penderitaan yang dijalani adalah begitu menyengsarakan. Meskipun kadang kala mendapat makanan, tetapi begitu makanan tersebut sampai di tepi mulutnya, segera berubah jadi bara api, sehingga dia tidak bisa memakannya.

Di dalam “Kisah Maudgalyayana Menyelamatkan Bunda”, ibunda Maudgalyayana menjalani siksaan di Alam Setan Kelaparan.  

Kalau jatuh ke Neraka maka siksaan yang dijalani adalah tak terungkapkan lagi dengan kata-kata. Ini amat penting, jadi tidak boleh tidak diketahui.

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



(二十五)

不過一個人,一定要能夠守住五戒,才能夠保住人身,仍舊生到人道裏頭來。這是佛經上說的,一定不會差的。若是五戒守得好,能夠一些不犯的,一定 今世就可以得著大福,享著長壽,事事稱心如意。將來死了去,可以投在世界上大富大貴的人家,享福作樂。若是守得不好,不能夠絲毫不犯的,或是完全不能夠守 的,那麼今世就難免要折福折壽了。將來死了去,還要隨他罪業的輕重,墮落到畜生、餓鬼、地獄道裏頭去,永遠受苦哩!若是墮落到了畜生、餓鬼、地獄道裏頭 去,再要想投生做人,實在是很艱很難了。所以有一句話,叫:一失人身,萬劫不復。那麼一個人得著人身,實在是很不容易的。所以人總要守著佛的禁戒,萬 萬不可以犯罪,使得人身都失掉。並且若是到了餓鬼道裏頭去,那就要長久的受著餓的苦了。就算有的時候得到一些吃的東西,但是到了他的嘴邊,那吃的東西就會 變成火了,使得他吃不進口。戲裏頭做的目蓮救母,那樣的苦,就是餓鬼道的情形。倘然再落到地獄道裏頭去,那種種的苦處,更加說不盡了。這是很要緊的,不可 以不曉得的。

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿