Selasa, 04 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 02


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 2

Tekad Buddha Amitabha
Sebelum mencapai KeBuddhaan, Buddha Amitabha adalah seorang raja, oleh karena mendengar pembabaran Dharma dari Buddha Lokesvararaja, sang raja meninggalkan tahta kerajaannya, meninggalkan duniawi dan melatih diri, bernama Bhiksu Dharmakara.

Bhiksu Dharmakara mengikrarkan tekad, setelah mencapai KeBuddhaan akan menyelamatkan semua makhluk, termasuk makhluk di alam saha. Alam saha adalah dunia yang kita tempati sekarang ini. Yang dimaksud dengan makhluk adalah segala sesuatu yang memiliki kehidupan, jadi bukan hanya manusia, bahkan hewan juga memiliki kehidupan, maka itu juga disebut sebagai makhluk, sehingga mengikrarkan 48 tekad agung. 

Dari 48 tekad agung tersebut, tekad yang ke-18 berbunyi : “Ketika Saya mencapai KeBuddhaan, semua makhluk di sepuluh penjuru alam (penjuru timur, selatan, barat, utara, tenggara, timur laut, barat daya, barat laut, atas dan bawah disebut sebagai sepuluh penjuru), setelah mendengar namaKu “Amituofo”, asalkan dengan hati yang setulusnya membangkitkan keyakinan yang sepenuhnya, suka mempelajari Ajaran Sukhavati, juga melimpahkan jasa kebajikan yang diperbuat dengan bertekad lahir ke Alam Sukhavati. Tak peduli berapa kali nama Buddha yang dilafalnya, bahkan saat menjelang ajalnya walau hanya melafal sepuluh kali saja juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Jika tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, maka Saya tidak akan mencapai KeBuddhaan”.

Oleh karena memiliki tekad agung sedemikian rupa, barulah Bhiksu Dharmakara berhasil mencapai KeBuddhaan. Maka itu praktisi yang melafal nama Buddha Amitabha, dengan sendirinya akan memperoleh budi kebajikan Buddha Amitabha, saat praktisi menjelang ajal, Buddha Amitabha akan datang menjemputnya terlahir ke Alam Sukhavati. Asalkan mau melafal Amituofo maka tiada yang tidak berhasil.

48 tekad agung Buddha Amitabha adalah dibabarkan langsung oleh Buddha Sakyamuni kepada manusia di dunia ini. Buddha Sakyamuni merupakan pendiri Agama Buddha, rupang Buddha Sakyamuni biasanya dapat kita temui pada setiap vihara. 

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
(二)

阿彌陀佛的誓願
  當初阿彌陀佛沒有成佛之前,是一個大國的國王。因為聽了世自在王佛講說佛法,他就捨棄了王位,出了家去修行。立了重誓,情願修成了佛,到我們這 個世界上來,度脫這個世界上的一切受苦的眾生(眾生,是一切有性命的活東西。不獨是人,就是畜生、蟲蟻,凡有性命的,都叫做眾生),所以發了四十八個大願 心。

  這四十八個大願心裏頭,第十八個願心說:若是我成了佛,十方世界(東方、南方、西方、北方、東南方、東北方、西南方、西北方,加了上、下兩方,叫做 十方),一切苦惱的眾生,倘然能夠誠心相信,並且喜歡要生到我的國裏去(就是西方極樂世界)。只要他能夠把他所修的功德,完全歸在求生到西方極樂世界去的 一個念頭上,都可以成功的。就是功德很少的眾生,只要念我的名號十聲,我也接引他生到西方極樂世界去的。若是念我的名號十聲的眾生,還是不能夠生到西方極 樂世界去,我就不願成佛了。

  阿彌陀佛有了這樣的大願心,才能夠成了佛。所以念阿彌陀佛名號的人,自然會得著阿彌陀佛的恩德,來接引他生到西方極樂世界去的。所以你們要修成功,只要念阿彌陀佛。若是肯念阿彌陀佛,自然沒有修不成功的。

  阿彌陀佛的四十八個大願心,都是我們的教主釋迦牟尼佛,從前在我們這個世界上的時候,親口對人說的。釋迦牟尼佛,就是現在各處廟裏頭,大雄寶殿上,中間一尊大佛,也就是我們現在世界上的佛教主。

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿