Selasa, 19 Juli 2016

Pandangan Benar 02



Pandangan Benar dan Pandangan Sesat 
(Bagian 2)


Sekarang mari kita membahas tiga poin berikut ini untuk menjelaskannya:   

Bab 1. Pentingnya Pandangan Benar
Pandangan benar amatlah penting baik bagi manusia untuk memeluk sebuah keyakinan. Apabila seseorang kehilangan pandangan benar, maka bukan hanya pola pikirnya jadi tidak benar, bahkan ucapan dan tindakannya juga jadi tidak benar, sudut pandangnya terhadap kehidupan manusia juga tidak benar. 

Akhirnya kalau bukan pesimis maka akan melewati hidup tanpa tujuan dan sia-sia. Maka itu, manusia mesti memiliki pengetahuan benar dan pandangan benar, barulah dapat menghadapi kenyataan, berjuang dengan optimis, berani meraih kemajuan, membangun dan mewujudkan cita-cita kehidupan. 

Seorang manusia yang tidak memiliki pengetahuan benar dan pandangan benar, bukan hanya akan salah tafsir terhadap setiap persoalan, bahkan juga jatuh ke dalam jalan buntu, yang membawa kegagalan dan penderitaan; sehingga hanyut dan tenggelam terbawa arus kehidupan awam, kehilangan akal sehat, tidak sanggup membangkitkan semangat dan gagal total.

Maka itu baik dalam menjadi manusia seutuhnya ataupun dalam menangani persoalan juga diperlukan pengetahuan benar dan pandangan benar, mengenali lingkungan, dimulai dari karir atau mata pencaharian yang benar, yang memberi manfaat  baik bagi diri sendiri maupun orang lain, menciptakan berkah bagi masyarakat, sehingga diri sendiri saat hidup dapat memberi manfaat bagi dunia ini, saat meninggal dunia juga dapat meninggalkan manfaat bagi generasi selanjutnya, meninggalkan nama harum sepanjang masa.

Terutama seorang manusia tidak boleh tidak memiliki keyakinan, tetapi apabila kekurangan pengetahuan benar dan pandangan benar, bukan hanya membabi buta mengikuti tren, bahkan jatuh ke dalam kepercayaan takhayul dan sesat. Padahal mulanya keyakinan merupakan kebutuhan bagi manusia, yang tidak boleh kurang dalam kehidupan manusia.       

Namun sayangnya, manusia justru saat permulaan memeluk keyakinannya, belum sanggup meningkatkan akal sehatnya, terlebih dulu memahami dengan mendalam dan jelas akan keyakinan yang hendak dianutnya, jangan sampai kepercayaan tersebut malah membawanya ke arah yang berbahaya bahkan ke jalan yang sesat. Maka itu untuk menganut sebuah keyakinan dibutuhkan pengetahuan benar dan pandangan benar, tahu membedakan yang asli dan aspal (asli tapi palsu), tahu membedakan yang benar dan sesat. 

Dipetik dari :
Ceramah Master Wen Zhu 
Judul : Pandangan Benar dan Pandangan Sesat


正見與邪見
 (二)

現在,可分三點來說明。

一、正見的重要

正見,無論是對人、對事,或信仰宗教,都非常重要。做人如果缺乏正知正見,不但思想不正,言行不正,同時做人生的觀念也不正。結果,不是悲觀、消極、厭世,走向自我毀滅之途;便是醉生夢死,浪費生命。因此,人必需要具備正知正見,然後可面對現實,作樂觀的奮鬥,勇於進取,敢於創作,以建立人生理想,成就理想的人生。

人,如果缺乏正知正見,不是對事情估計錯誤,陷自己於絕境,招致失敗與苦惱;便是依世起倒,隨俗浮沉,渾噩終日,毫無建樹。所以,我們無論是做人或做事,必須具備正知正見,審情度勢,認識環境,從事有益身心的正業,利己利人,福利社會,使自己生有益於世,死有利於後,留名千古,垂芳百世。

特別是人不能沒有信仰,但如果缺乏正知正見,不是盲從跟風,便是迷信邪信。本來,信仰原是人類靈性要求,聖潔的情操,亦是人類生活不可或缺的一環。可惜,一般人在信仰宗教之初,未能提高理智,深入研究信仰對象的真實性,貢獻性、和適應性,致使信仰出現危機,甚至誤入歧途。所以信仰宗教,或信仰任何主義,都要有正知正見,明辨真偽,分析邪正。


节录自 :