Minggu, 09 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 38


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 38

Budi kebajikan Buddha Amitabha tak terhingga dan tanpa batas, meskipun dibabarkan selama ribuan tahun bahkan puluhan ribu tahun, juga tidak mungkin bisa habis diungkapkan. Maka itu Buddha Amitabha merupakan sosok yang begitu mengagumkan.

Asalkan kita mau ber-sarana (berlindung) pada Buddha Amitabha, maka dengan sendirinya juga ikut menikmati budi kebajikanNya, memperoleh manfaat yang tak terhingga.

Manfaat dan keunggulan Alam Sukhavati, kalau bukan berasal dari beragam jenis keunggulan Buddha Amitabha yang tanpa batas dan tak terhingga, mana mungkin akan terwujud negeri yang begitu sempurnanya?

Maka itu kita sebagai orang awam yang masih berada di dalam lingkaran tumimbal lahir, janganlah sampai tidak sudi mengandalkan kekuatan Buddha Amitabha, ber-sarana (berlindung) padaNya.

Bagaimana cara mengandalkan kekuatan Buddha Amitabha dan bersarana padaNya, yakni dengan melafal Amituofo setiap hari, kapan saja dan di mana saja, berkesinambungan tak terputus, barulah boleh dikatakan sebagai melatih Ajaran Sukhavati.

Ibaratnya kita jatuh ke dalam tahanan yang gelap gulita dan mencekam, bagaimanapun kita berusaha membebaskan diri tetap tidak bisa. Hanya dengan cara mengandalkan seorang penguasa yang memiliki pengaruh yang kuat, barulah kita bisa bebas dari kurungan tersebut, pulang ke rumah dengan selamat.

Sama halnya pula dengan keadaan kita sekarang, berada di dalam tahanan yang mencekam, yang dibatasi oleh ruang dan waktu sehingga tidak bisa bebas, ini ibarat berada dalam kurungan. Kita sangat ingin keluar dari dunia ini, tetapi tidak bisa, berputar-putar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir.

Meskipun Buddha Amitabha sudah mengikrarkan tekad menyelamatkan semua makhluk, tetapi kita sendiri juga mesti mengikuti seperti apa yang dibabarkan Buddha Sakyamuni di dalam sutra, yakni menfokuskan pikiran melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, menghindari segala perbuatan jahat, menimbun kebajikan. Maka dengan demikian semua orang pasti bisa terlahir ke Alam Sukhavati.

Oleh karena Buddha Amitabha memperlakukan setiap dari kita sebagai anak tunggalNya, maka itu setiap praktisi yang melafal Amituofo, Buddha Amitabha pasti datang menjemputnya.

Maka itu kita harus memperteguh keyakinan hati kita, lekaslah melafal Amituofo.

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
(三十八)

  阿彌陀佛的恩德無量無邊,就是說到幾千幾萬年,也是說不盡的。所以阿彌陀佛實在是了不得的。你們若是情願歸向他,自然能夠受著他的恩德,得著他 的好處,也是了不得的了。我上邊所說西方極樂世界的種種好處,若然不是佛有這樣種種的了不得,哪里會有這樣的好處,這樣的福氣,這樣的快樂呢?所以我們這 種在輪回裏邊的人,萬萬不可以不仰仗佛、歸向佛的。我們要仰仗佛、歸向佛,只有天天念佛、時時念佛的一個法子,才能夠稱我們要修到西方極樂世界去的心。

  譬如我們跌在糞坑裏頭,囚在監牢裏頭,自己想出來,隨便怎麼樣,總不能夠出來。總要想有一個有大權力、有大威勢的人,拿自己從糞坑裏頭提出來, 從監牢裏頭放出來,回到自己家裏頭去,安安樂樂的過日子才好。我們現在這個世界的齷齪,像糞坑一樣。不能夠自由自在,像監牢一樣。我們要想逃出這個世界, 總是做不到。既然阿彌陀佛有這樣的大願心,要度我們離開這個世界。我們若是能夠照釋迦牟尼佛,在各種佛經裏頭,說的好法子,發出信佛的心來。立定了主意, 誠誠實實,懇懇切切,一心一意的念阿彌陀佛,一心一意的求生到西方極樂世界去。還能夠惡的事情,一些不做,專門做種種的善事。就沒有一個人不能夠生到西方 極樂世界去了。因為阿彌陀佛,對了我們,真是同自己親生的兒女一樣的寶貝。所以凡有念佛求生到西方極樂世界去的人,阿彌陀佛沒有一個不來接引的,沒有一個 不是就在今世接引去的。所以我們要決定主意,趕緊去念佛修行。

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿