Sabtu, 06 Agustus 2016

Lebih Giat Melatih Diri 08



Momen Untuk Lebih Giat Melatih Diri
Bagian 8

Berikutnya adalah jawaban mengapa melafal Amituofo tidak bisa menfokuskan pikiran.

Bentuk-bentuk pikiran adalah akar sumber samsara

“Kalian tidak tahu bahwa bentuk-bentuk pikiran adalah akar samsara sejak kalpa lampau yang tak terhingga, bagaimana mungkin bisa langsung dikikis hingga tuntas?”,ini merupakan ucapan yang dilontarkan oleh seorang praktisi berpengalaman, sejak lahir sampai sekarang, sudah berapa banyak bentuk-bentuk pikiran? Satu petikan jari ada 60 butir bentuk-bentuk pikiran, sepanjang hidup ada berapa butir niat pikiran? Sejak kalpa lampau yang tak terhingga, berputar di lingkaran tumimbal lahir, bentuk-bentuk pikiran kita sudah bisa memenuhi alam semesta yang tanpa batas ini.

Melafal Amituofo merupakan Pintu Dharma yang mengandalkan dua kekuatan, yakni kekuatan diri sendiri dan kekuatan Buddha, dapat menghentikan khayalan. Bentuk-bentuk pikiran ibarat bayangan, dan bayangan-bayangan ini memenuhi gudang kesadaran (alaya-vijnana), kekuatan dari melafal Amituofo adalah sungguh besar, dapat melenyapkan bayangan-bayangan yang ada di kesadaran ke-8 kita ini. 

Hanya dengan melafal sepatah Amituofo saja, seperti yang disebutkan bahwa “Dengan hati yang setulusnya melafal sepatah Amituofo, dapat mengeliminasi delapan miliar kalpa dosa berat samsara”. Kuncinya terletak pada “hati yang setulusnya”, meskipun bisa mengeliminasi begitu banyak, tapi bentuk-bentuk pikiran anda jumlahnya seberapa banyak? Ada berpuluhribu, puluhribu, puluhribu kali delapan miliar kalpa banyaknya, sepatah Amituofo baru bisa mengeliminasi delapan miliar kalpa, apalagi sekarang masih ada sisa yang banyaknya masih memenuhi alam semesta.

Apalagi harus dengan hati yang setulusnya melafal sepatah Amituofo baru ada mukjizatnya, seperti yang dikatakan oleh Guru Sesepuh bahwa sepatah Amituofo haruslah dilafal dengan hati yang suci barulah bisa menghentikan bentuk pikiran, barulah menimbulkan mukjizat, kalau cuma melafal di mulut saja, dapat mengeliminasi berapa banyak?

Petikan Ceramah Upasaka Li Bing-nan
Pada Tahun Baru 1979 Masehi
Disusun oleh : Majalah Bulanan Minlun


()

下文就答覆為什麼念佛不能攝心。

妄念是生死根由

「不知汝無量劫來生死根由,如何能得即斷?」這是內行人講的話,從一下生到現在,妄念有多少呢?一彈指有六十個念頭,一生起了多少念頭?塵點劫來,千生萬生到現在,我們的妄念盡虛空遍法界滿滿的。念佛是二力法門,個人修持的力量加上佛幫助的力量,可以治妄念。妄念如一個影子,我們八識田裡有太多的影子,而念阿彌陀佛也是一個影子,念佛的力量很大,可以消滅我們八識田裡的影子。純純粹粹的念一句佛號,所謂:「至心念一句阿彌陀佛,可以消八十億劫生死重罪。」重要在「至心」兩個字,一個種子一番生死,一彈指之間八十億劫的種子,因為一句阿彌陀佛而可以消滅。雖然可以消很多,但是你的妄念有多少呢?有萬萬萬的八十億劫種子之多,一句佛才消八十億劫,何況還有那盡虛空遍法界的妄念。況且要清清淨淨的念一句佛才能感應,祖師說:「一念相應一念佛,念念相應念念佛。」一句阿彌陀佛,要清淨的念,才能抵制妄念,才能感應,光嘴裡念,能消多少呢?

文摘恭錄 :
正是用功時節
李炳南老居士講述
民國六十八年元旦慎齋堂開示
明倫月刊社整理