Rabu, 05 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 12


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 12

Tempat Berkumpulnya Insan Berkebajikan Tinggi
Penduduk Alam Sukhavati senantiasa bersama-sama melatih diri, apa yang Mereka lakukan tak terpisahkan dari sila, samadhi dan prajna. Sila adalah pengendalian diri, takkan melakukan karma buruk meskipun sedang berada sendirian. Samadhi adalah menfokuskan pikiran melafal Amituofo, selain sepatah Amituofo takkan ada lagi bentuk pikiran lainnya. Prajna adalah kebijaksanaan, memahami kebenaran, takkan timbul khayalan. 

Setelah terlahir ke Alam Sukhavati, kita berada bersama dengan para insan berkebajikan tinggi, setiap hari belajar bersama-sama. Takkan mendengar perkataan maupun kejadian buruk, takkan bertemu dengan orang jahat.

Selain itu masih ada para Maha Bodhisattva, seperti Bodhisattva Avalokitesvara, Bodhisattva Mahasthamaprapta, Bodhisattva Manjushri, Bodhisattva Samantabhadra dan Bodhisattvaya Mahasattvaya lainnya, yang merupakan Calon Buddha. Mereka merupakan sahabat belajar kita semuanya.

Setiap hari kita akan mendengar pembabaran Dharma dari Buddha Amitabha, kian hari kian mengalami kemajuan batin, dengan sendirinya KeBuddhaan dapat tercapai.

Di dunia ini kita hanya bisa melihat rupang Buddha, Bodhisattva dan Arahat yang merupakan hasil ukiran atau lukisan. Tetapi di Alam Sukhavati kita bisa bertemu dengan Buddha, Bodhisattva dan Arahat yang hidup dan nyata. Bahkan setiap hari bisa berada bersama Mereka.

Hal yang begitu membahagiakan ini, cuma ada di Alam Sukhavati, setelah memahaminya, akankah kita masih tidak punya niat ke sana?

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang


初機淨業指南
(十二)

上善俱會

那些人心裏頭所念的,同了做出來的事情,完全是戒、定、慧的很深很妙的大道理。 戒、定、慧三個字,是什麼解釋呢?那字,是自己禁制自己,不獨是不做一切惡事,就是那一切惡的念頭,也都要除掉它。那字,是一心一意, 專誠念佛,不去轉絲毫別的念頭。那字,就是字的對面,明白真實的道理,不起癡心妄想的念頭。這戒、定、慧三個字,在佛經上叫做三無漏 ,就是沒有漏的一種學問。什麼叫做沒有漏呢?譬如一個水瓶,不破不缺,那瓶裏頭的水,自然一點也不會漏出來。有了這戒、定、慧三種的學問,那心思自然 不會漏到別處去了,就自然歸到正路上去,不會有癡心妄想了,所以叫做三無漏學。)

  我們同這些極善的大善人住在一處,天天親近。又聽不到一句惡話,碰不到一個惡人。哪里還會生出不善的心來,做出不善的事情來,成為不善的人呢? 況且還有無窮無盡的大菩薩,像觀世音、大勢至、文殊、普賢等各位大菩薩,已經同佛差不多的,都是我們的好先生、好朋友。我們天天聽佛同了諸位大菩薩講說佛 法,自然一天一天的進步,一天一天的向上,自然會慢慢的修到佛的地位了。

  況且我們現在所看見寺院裏頭的佛、菩薩、羅漢,都不過是裝塑雕刻的像。那西方極樂世界的佛、菩薩、羅漢,都是活的,都是真的。我們修成功了,到了西方 極樂世界,同那活佛、活菩薩、活羅漢,天天在一起。這樣的快樂,除了西方極樂世界,哪里還會有呢?你們怎樣還不想生到西方極樂世界去呢?

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿