Rabu, 20 Juli 2016

Mengenal Kalpa Bgn 1


Mengenal Kalpa
(Bagian 1)

Kalpa terdiri dari kalpa besar, kalpa menengah dan kalpa kecil

Artikel berikut ini disusun dari isi ceramah Master Chin Kung yang berjudul 《彌陀經疏鈔演義》

Kalpa adalah satuan yang digunakan dalam Ajaran Buddha untuk menghitung waktu, ada kalpa kecil, kalpa menengah dan kalpa besar. Biasanya kita menyebutkan kalpa kecil sebagai “kalpa penambahan dan pengurangan usia”. 

Sutra menyebutkan, usia manusia yang paling panjang adalah 84 ribu tahun, ini adalah batas usia manusia yang terpanjang; dari usia 84 ribu tahun, setiap seratus tahun usia manusia akan berkurang setahun, pengurangan ini akan terus berlanjut sampai usia manusia cuma tersisa 10 tahun saja, usia 10 tahun adalah batas usia manusia yang terpendek; kemudian dari usia 10 tahun ini, setiap seratus tahun usia manusia akan bertambah setahun, penambahan ini akan terus berlanjut sampai usia manusia mencapai 84 ribu tahun, periode waktu selama penambahan dan pengurangan ini disebut sebagai satu “kalpa kecil”.

20 kalpa kecil disebut sebagai satu “kalpa menengah”, 4 kalpa menengah disebut sebagai satu “kalpa besar”.

 4 kalpa menengah disebut sebagai kalpa “pembentukan, keberlangsungan, rusak dan kosong”, pada kalpa pembentukan, rusak dan kosong tidak ada Buddha yang muncul di dunia, hanya pada kalpa keberlangsungan, Buddha akan muncul di dunia.

Buddha Sakyamuni membabarkan, kita sekarang berada dalam satu kalpa besar ini,  di dunia ini akan muncul seribu Buddha, Buddha Sakyamuni merupakan Buddha di urutan ke-4 dari kalpa besar ini, dan di urutan ke-5 adalah Buddha Maitreya. Maka itu kalpa besar ini disebut sebagai “Bhadrakalpa”, yang bermakna bahwa jumlah makhluk yang diselamatkan oleh Buddha dan Bodhisattva adalah sangat banyak, insan bijak juga banyak jumlahnya.


Kalpa Menengah
1 kalpa besar adalah sama dengan 4 kalpa menengah, yakni 1 kalpa menengah pembentukan, 1 kalpa menengah keberlangsungan, 1 kalpa menengah rusak dan 1 kalpa menengah kosong.

1.    Kalpa pembentukan, merupakan urutan pertama dari 4 kalpa menengah atau satu kalpa besar
2.    Kalpa keberlangsungan, merupakan urutan kedua dari 4 kalpa menengah atau satu kalpa besar
3.    Kalpa rusak, merupakan urutan ketiga dari 4 kalpa menengah atau satu kalpa besar
4.    Kalpa kosong, merupakan urutan keempat dari 4 kalpa menengah atau satu kalpa besar

Bila ditotalkan maka 1 kalpa besar  adalah 1.344.000.000 tahun

Seluruh alam di sepuluh penjuru dan dari tiga masa pasti harus melewati empat jenis tahapan ini (pembentukan, berlangsung, rusak dan kosong).


Kalpa Kecil
Usia manusia dihitung dari permulaan yakni 84 ribu tahun, setiap melewati seratus tahun akan berkurang setahun, hingga akhirnya tersisa 10 tahun saja, kemudian dari usia 10 tahun, setiap melewati seratus tahun akan bertambah setahun, hingga akhirnya kembali mencapai 84 ribu tahun, satu periode waktu pengurangan dan penambahan ini disebut sebagai satu kalpa kecil, bila dihitung maka satu kalpa kecil adalah 84000-10×100×2 = 16.798.000  tahun.





大劫  中劫  小劫
【以下整理自淨空法師《彌陀經疏鈔演義》講演內容】
    「劫」,是佛教計算時間的單位,有小劫、中劫、大劫。通常我們講小劫,稱「增減劫」。經上說,人的壽命最長時是八萬四千歲,這是人壽命長的一個極限;從八萬四千歲每一百年減一歲,減至十歲,十歲是人壽命最低的極限;然後再從十歲每一百年加一歲又加到八萬四千歲,一增一減這叫一個「小劫」。二十個小劫名一「中劫」,四個中劫名一「大劫」。四個中劫名為「成、住、壞、空」,成、壞、空三個中劫裡沒有佛出世,住劫才會有佛出世。
    佛說,我們現在這一個大劫裡,這個世界有一千尊佛出世,釋迦牟尼佛是這個大劫裡的第四尊佛,第五尊就是彌勒佛。所以這個劫名字叫『賢劫』,即佛菩薩成就的人很多,賢人眾多之意。

【中劫】--《佛學次第統編》
    大劫者,合四中劫,一成、一住、一壞、一空,為一大劫。
    一、成劫 歷第一次中劫,名曰成劫。
    二、住劫 歷第二次中劫,名曰住劫。
    三、壞劫 歷第三次中劫,名曰壞劫。
    四、空劫 歷第四次中劫,名曰空劫。
    合四中劫,共計十三萬四千四百萬年,為一大劫。
    凡十方三世所有一切世界,皆悉具此四種。

【一小劫】--《佛學常見辭彙》 

  人壽由最初的八萬四千歲起,每過一百年減一歲,減至十歲止,再由十歲起每過一百年增一歲,增至原來的八萬四千歲止,這樣一減一增,為一小劫。以數學方式來計算,一小劫等於(84000-10×100×2即一千六百七十九萬八千年。