Kamis, 06 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 18


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 18

Menjauhi Penderitaan Memperoleh Kebahagiaan
Usia manusia di dunia ini amatlah singkat, berapa orang yang dapat hidup sampai usia 70 atau 80 tahun? Orang yang mati dalam usia muda, bahkan yang baru lahir beberapa hari saja sudah mati.

Sampai di Alam Sukhavati memiliki usia tanpa batas, takkan mengalami kematian,  selamanya terlepas dari penderitaan kematian. Penduduk Alam Sukhavati menjelma melalui Bunga Teratai, sehingga takkan mengalami penderitaan kematian. Dengan demikian penderitaan tua, sakit, berpisah dengan orang yang dicintai, berkumpul dengan orang yang dibenci, keinginan yang tak tercapai, semua penderitaan ini takkan ada. 

Lagi pula dapat menyempurnakan sila, samadhi dan prajna, sehingga lobha, dosa dan moha sirna dengan sendirinya. Mampu mengamati segala sesuatu dengan jelas dan benar, sehingga dapat memahami Panca Skandha adalah kosong. Oleh karena Panca Skandha merupakan akar penderitaan dan akar penderitaan ini telah dicabut sehingga memperoleh kebahagiaan.

Oleh karena tubuh jasmani manusia sungguh rapuh, sedikit saja mengalami luka maka akan merasakan siksaan berat, apabila lukanya besar maka akan mengakibatkan kematian. Dengan tubuh jasmani yang rapuh ini bagaimana bisa disebut sebagai ksatria? Daripada menjadi ksatria tukang cipta karma, lebih baik menjadi Insan Suci di Alam Sukhavati bukan?      


Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang


初機淨業指南
(十八)

離苦得樂

一個人在世界上,不曉得有幾年能夠活。活到七、八十歲的人,一千個人裏頭能夠有幾個?那短命的人,有一生下地就死的,有生下幾天就死的、幾個月死的、幾歲死的,十幾歲、或二三十歲、四五十歲死的,多得很哩!

到了西方極樂世界,就永遠不會死了,就永遠沒有死的苦了。人又都在蓮花裏頭生出來的,生的苦自然是沒有了。就是病的苦、老的苦、愛別離的苦、怨 憎會的苦、求不得的苦,也都沒有了。並且戒、定、慧的功德,能夠完全滿足。貪、瞋、癡的念頭,能夠絲毫沒有。心裏頭完全是清清淨淨,真真實實的。到了那個 時候,自然會曉得那色、受、想、行、識五種遮蓋著本性的事情,都是空的,那個心也就不會著牢在這個色、受、想、行、識五種事情的上邊了。所以就是那五陰熾 盛的根本苦(因為是將來受苦的根本,所以叫做根本苦,就是因苦一樣的意思),也都可以一些沒有了。這還不是沒有苦處,只有樂處麼?

況且一個人的身體,真是一點用處都沒有的。稍稍傷壞了一些,就覺得非常的痛苦。多傷壞了一些,就會死了。有什麼用處呢?還不想好好的修到西方極樂世界去麼?還要稱什麼好漢,逞什麼英雄,做出種種的惡事情來呢?

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿