Sabtu, 08 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 30


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 30

Sebelumnya kita telah membahas bahwa Buddha Amitabha memiliki 48 tekad agung, tekad yang ke-18 berbunyi bahwa bila ada yang melafal nama Buddha Amitabha pasti terlahir ke Alam Sukhavati. 

Oleh karena  Buddha Amitabha memiliki tekad sedemikian rupa, menjemput kita semuanya, sementara kita selalu melafal namaNya, memohon agar Beliau menjemput kita ke Alam Sukhavati, ini ibarat di sini ada daya tarik, di sana juga ada daya dorong, bagaimana mungkin takkan berhasil terlahir ke Alam Sukhavati?

Tetapi untuk terlahir ke Alam Sukhavati, selain melafal Amituofo juga harus berbuat kebajikan, berbakti pada ayahbunda, memenuhi kewajiban, harmonis dengan setiap insan, menolong orang miskin, memiliki niat tulus dan maksud baik, berpikir baik, berkata baik, bertindak baik, setiap saat memberi kemudahan bagi orang lain, yang paling penting dapat menaati Lima Sila.

Terutama sila pertama dari Lima Sila yakni menghindari pembunuhan. Tidak hanya manusia yang tidak boleh dibunuh, namun hewan juga janganlah disembelih hanya untuk memuaskan nafsu makan di mulut.

Hewan dulunya juga adalah manusia, hanya saja mereka melakukan karma buruk sehingga jatuh ke Alam Binatang, mereka sudah begitu sengsara, bagaimana kita boleh tega membunuh mereka?   

Maka itu menyembelih hewan merupakan dosa besar, Buddha dan Bodhisattva paling tidak suka pada hal begini.

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
(三十)

並且我不是說過阿彌陀佛有四十八條大願心麼?四十八條大願心裏頭的第十八條,不是說若是有念我名號的人,一定可以修到西方極樂世界去的麼?阿彌 陀佛既然有這個大願心,接引我們。我們又常常念他的名號,求他接引。這就譬如一邊有人拉,一邊有人推,還有去不成的麼?還有到不了的麼?

  不過人要修到西方極樂世界去,不獨是要照佛經上所說的法子去做,最要緊還是要做好人,不可以做惡人。若是要做好人,第一要孝順爺娘。隨便什麼 人,都要守自己的本分。無論是本家、是親戚,都要和氣,都要照應。看見了窮苦人,要哀憐他們。有錢的人,應該拿出錢來,周濟窮人。處處要存善心,處處要行 善事,處處要行方便。最要緊的,要能夠守住五戒。五戒裏頭的殺戒,更加不可以犯。不可以殺人,自然不消說得。就是殺活的東西來吃,罪孽也已經最重了,也最 要禁戒的。因為各種東西,形狀雖然同人兩樣,他的心性同人是一樣的。他的前世也是人,不過他前世作了大孽,所以今世投了畜生,已經是很苦的了,我怎樣可以 把他殺了來吃呢?所以殺活的東西來吃,最是罪過的,佛菩薩最不喜歡的。

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿