Minggu, 09 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 37


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 37

Maka itu Buddha Sakyamuni khusus membabarkan tentang tekad Buddha Amitabha dan jasa kebajikanNya yang tak terhingga serta keunggulan dan manfaat Alam Sukhavati yang takkan habis diungkapkan dengan kata-kata, di dalam “Amitabha Sutra”, “Sutra Usia Tanpa Batas”, “Amitayurdhyana Sutra”, tiga jenis sutra ini merupakan sutra pegangan Aliran Sukhavati.

Dengan demikian Buddha Sakyamuni berharap agar semua makhluk membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, sehingga tekad Buddha Amitabha menyelamatkan semua makhluk jadi sempurna.

Bukan hanya “Amitabha Sutra”, “Sutra Usia Tanpa Batas”, “Amitayurdhyana Sutra”, tiga jenis sutra ini yang ada membahas tentang Buddha Amitabha dan Alam Sukhavati, bahkan di dalam semua sutra, Buddha Sakyamuni juga membabarkan tentang manfaat dan keunggulan Alam Sukhavati, menasehati agar semua makhluk membangkitkan tekad terlahir di Negeri Buddha Amitabha.

Bahkan para Bodhisattvaya Mahasattvaya, para praktisi senior baik yang berada di India maupun di Tiongkok, juga menulis buku-buku yang memuji jasa kebajikan Buddha Amitabha serta manfaat dan keunggulan Alam Sukhavati.

Maka itu bukan saja kita sendiri yang mesti menfokuskan pikiran melafal Amituofo, bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, bersamaan itu pula, hendaknya menasehati orang lain agar juga ikut menfokuskan pikiran melafal Amituofo, bertekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Perlu diketahui bahwa menasehati orang lain melafal Amituofo juga akan menambah jasa kebajikan sendiri, maka itu mengapa tidak sudi melakukan hal yang begitu menggembirakan ini?

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
(三十七)

所以釋迦牟尼佛,在那《阿彌陀 經》、《無量壽經》、《觀無量壽佛經》裏頭(這三種都是佛經的名目),專門說阿彌陀佛立的大誓、發的大願,他的無量的功德,同了西方極樂世界說不盡的種種 好處。要大家生出信佛的心來,發出求生到西方極樂世界去的願心來,使得阿彌陀佛度脫眾生的大願心可以滿足。

  不獨是釋迦牟尼佛,在我上邊所說的幾種佛經裏頭,這樣的說。就是別種佛經裏頭,也都有說著西方極樂世界的好處的,也都帶著勸人求生到西方極樂世 界去的。並且還有西天的諸位大菩薩,同了我們國裏頭的歷代傳佛法的祖師,還有信佛的國王、大臣,專門保護佛法的大善人,或是專門修行的大善人,也都做出各 種書來,稱讚阿彌陀佛的功德,同了西方極樂世界的好處。所以你們各人,不獨是自己應該一心一意,求生到西方極樂世界去。並且還應該勸旁人一心一意,求生到 西方極樂世界去。你們要曉得,勸旁人修行,自己的功德就更加大得了不得了。

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿