Jumat, 15 Juli 2016

Pelafalan Amituofo 33 ~ Tamat



Pintu Dharma Pelafalan Amituofo
(Bagian 33) ~ Tamat

 Maka itu melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati, bukanlah kepercayaan takhayul, namun merupakan pilihan yang berdasarkan logika dan akal sehat; bukanlah pesimis, namun adalah berani melangkah maju dengan sikap optimis; bukanlah lari dari kenyataan, namun adalah cita-cita yang terwujud dengan nyata; bukanlah lari dari tanggung jawab atas karma yang diperbuat, namun adalah bersedia menerima dan mengandalkan kekuatan tekad maitri karuna Buddha Amitabha, menghapus karma buruk, sekaligus menyelamatkan para musuh kerabat penagih hutang, bersama-sama lahir ke Alam Sukhavati, memberi manfaat baik bagi yang hidup maupun yang telah meninggal dunia.

Ada orang yang beranggapan bahwa metode pelafalan Amituofo adalah diperuntukkan bagi lansia dan yang kurang cerdas, atau untuk lansia yang sudah pensiun. Pemikiran begini sungguh merupakan kesalahan yang paling dungu.  Ketahuilah bahwa Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, cocok bagi semua kalangan, baik yang paling bijaksana sekalipun, juga cocok buat yang tidak cerdas, mencakup secara keseluruhan, cocok buat tua maupun muda.

Juga cocok buat yang memiliki kebijaksanaan yang tinggi, contohnya Bodhisattva Manjusri, Bodhisattva Samantabhadra, Bodhisattva Asvaghosa, Bodhisattva Nagarjuna, para Bodhisattvaya Mahasattvaya, tiada yang tidak membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati; sedangkan mereka yang memiliki akar kebijaksanaan yang rendah, contohnya kisah tukang jagal yang telah kita bahas sebelumnya, hanya dengan mengalihkan sebersit niat pikiran, berhasil terlahir ke Alam Sukhavati. Semua ini berkat kekuatan tekad Buddha Amitabha, jadi metode pelafalan Amituofo bukan hanya terbatas buat lansia saja.

Bodhisattva Samantabhadra dengan Sepuluh raja tekadNya ditujukan kembali ke Alam Sukhavati.

Bodhisattva Asvaghosa berkata : “Melafal Amituofo adalah Pintu Dharma yang paling praktis”.

Master Lian Chi berkata : “Melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati merupakan urusan praktisi, baik yang memiliki kebajikan besar, berkah besar, kebijaksanaan besar, kesucian besar maupun kemuliaan besar”.

Maka itu para guru sesepuh Aliran Sukhavati, para anggota Sangha senior sepanjang perjalanan sejarah, tiada yang tidak melatih Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Saya sendiri (penceramah ~ Master Wen Zhu), juga bertekad mengikuti jejak para guru sesepuh Aliran Sukhavati, dengan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain; semoga hadirin sekalian, mulai hari ini, melepaskan segala kemelekatan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo.

Manfaat yang diperoleh semasa hidup adalah menghapus dosa menumbuhkan berkah, melenyapkan penyakit dan memperpanjang usia; saat ajal menjelang, memperoleh penjemputan dari Buddha Amitabha, terlahir ke Negeri Buddha Amitabha, bertemu dengan Buddha mendengar pembabaran DharmaNya, mencapai ketidakmunduran dan dalam waktu singkat mencapai KeBuddhaan.

Dipetik dari :
 Ceramah Master Wen Zhu 
Judul : Pintu Dharma Pelafalan Amituofo


念佛法门
(三十三)

所以,念佛求生极乐世界,并不是迷信,而是理智的选择;不是消极,而是积极的进取;不是逃避现实,而是理想的实现;不是逃避业债,而是仰仗佛的慈悲愿力,销除宿业,同时超度冤亲债主,共登极乐,冥阳两利。

有人认为念佛,是愚夫愚妇之事,或是老年人的专业。这种想法,简直是最愚蠢的错误。当知念佛法门,三根普被,上智下愚,利钝兼收,而且是老少咸宜。上上智者,如佛在世时,文殊普贤,佛灭度后,马鸣龙树,诸大菩萨,无不发愿往生极乐世界;下下智者,如屠夫小婢,一念专精,皆可往生。此皆是阿弥陀佛,慈悲愿力的摄受,岂独限于愚夫愚妇?

普贤菩萨以十大愿王,导归极乐。

马鸣菩萨说:念佛是最方便的法门。

龙树菩萨说:念佛法门,是阳行疾至之道。

云栖大师说:一句阿弥陀佛,该罗八教,圆摄五宗。

莲池大师说:念佛求生西方,是大德,大福,大智,大慧,大圣,大贤的事。所以莲宗诸祖,历代高僧,无不以念佛法门,自行化他。本人亦发愿跟随著莲宗诸祖的足迹,以念佛法门,自行化他;希望在座各位,由现在开始,就万缘放下,一心念佛。既可以在有生之年,灭罪生福,却病延年;将来临命终时,又蒙佛接引,往生佛国,见佛闻法,得不退转,终成佛道。

节录自 :