Sabtu, 08 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 31


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 31

Yang perlu diketahui saat menjelang ajal
Ada yang bertanya : Katanya seorang praktisi saat menjelang ajal, melafal Amituofo sepuluh kali sudah dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Jadi kita juga boleh menunggu sampai ajal nanti baru melafal sepuluh kali, buat apa capek-capek tiap hari melafalnya? 

Saya menjawab : Orang yang saat menjelang ajal masih bisa melafal Amituofo, pasti adalah praktisi yang setiap hari melafal Amituofo. Kalau dalam keseharian tidak melafal Amituofo, sampai saat menjelang ajal, mana mungkin masih sempat terpikir mau melafal Amituofo?

Terkecuali ada orang lain yang datang membantu mengingatkan dirinya agar segera melafal Amituofo, hanya saja yang ditakutkan adalah saat menjelang ajal dia tidak sudi mendengar nasehat orang lain.

Atau mungkin saja sudah pikun, jadi dinasehati juga tiada gunanya. Atau lidahnya sudah kaku, kesadaran menurun, maka dia juga tidak mampu melafalnya keluar.

Maka itu ketrampilan melafal Amituofo adalah dilatih dalam waktu keseharian. Kalau dalam keseharian melafal Amituofo, saat menjelang ajal, takkan panik dan takut, kesadaran juga masih jelas, lidah takkan kaku, dengan sendirinya masih bisa melafal Amituofo.

Jadi jangan tunggu sampai saat menjelang ajal barulah melafal Amituofo sepuluh kali, berharap mempertaruhkan keberuntungan bisa terlahir ke Alam Sukhavati, jadi dalam keseharian tidak perlu melafal.

Kalau mempunyai pemikiran begini, maka sampai saat menjelang ajal, sepatah Amituofo juga takkan sanggup dilafal keluar, hal ini sangat penting, hendaknya diingat di hati.

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
(三十一)

臨終須知

  又有人問我道:聽見說一個人臨死的時候,念十聲阿彌陀佛,就能夠到西方極樂世界去的。那麼我們也可以到臨死的時候,念十聲阿彌陀佛就是了。為什麼要平常時候天天念佛呢?

  我回答他道:臨死的時候能夠念佛的人,一定是平常時候常常念佛的人。若是平常時候不念佛,到了臨死的時候,哪里還能夠想起這個念佛的念頭來呢? 不獨是想不起這個念佛的念頭,就是有人勸他念佛,恐怕到了那個時候,也不能夠聽信人家的勸了。或是人已經糊塗了,勸他也不聽見了。或是舌根硬了,神志昏 了,就不能夠念了。所以念佛的功夫,全靠平常時候的。平常時候專門念佛的人,到了臨死的時候,舒舒齊齊,不慌不亂,心裏頭既然是很明白的,舌根也不會硬 的,自然而然自己會念的。切不可以靠著臨死的時候,念十聲阿彌陀佛,就可以到西方極樂世界去。平常時候,就一句也不念。若是存了這樣的心,到臨死的時候, 一定是一句也不會念的。這個話是最要緊的,你們大家一定要牢記在心裏頭的。

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿