Selasa, 04 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 01




Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 1

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula

Kata Pengantar
Cara untuk terlahir ke Alam Sukhavati tak lain adalah melafal “Namo Amituofo”, dengan begini sudah bisa berhasil. Tetapi manusia di dunia ini, ada yang sama sekali tidak memahami kebenaran ini, ada pula yang mengerti sedikit, juga banyak yang ragu dan bertanya-tanya. Maka itu mengapa buku ini ditulis, agar semua orang bisa memahami sedikit Ajaran Buddha.

Hal yang tidak boleh tidak diketahui pembaca buku ini, yang utama dan yang paling penting adalah menfokuskan pikiran melafal “Namo Amituofo”, sudah bisa berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Kalau bisa mengerti keseluruhan isi buku ini alangkah bagusnya, tetapi andaikata ada hal yang tidak dipahami, maka cukup lewatkan saja, teruskan membaca hingga selesai.

Shanghai, September 1922
Oleh : Upasaka Huang Qing-lan

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
  
Mengapa saya menulis buku ini? Oleh karena ingin menasehati anda sekalian agar meyakini Ajaran Buddha, menasehati kalian agar mau melatih diri. Mengapa harus meyakini Ajaran Buddha dan melatih diri? Oleh karena kita tinggal di dunia ini sungguh sengsara.

Setelah melatih diri dan berhasil, maka kita akan terlahir di Alam Sukhavati, dibandingkan dengan dunia yang kita diami sekarang ini, keunggulan yang dimiliki Alam Sukhavati sungguh berlimpah ruah! Keunggulan Alam Sukhavati takkan habis diungkapkan dengan kata-kata. Setelah kalian memahami keunggulan dari Alam Sukhavati, maka saat itu tiada lagi yang mampu menghalangi keinginan kalian ke sana.

Sesungguhnya sudah ada banyak buku yang menjelaskan tentang Alam Sukhavati, tetapi isinya amat mendalam, sehingga tidak banyak orang yang sanggup memahaminya. Maka itu saya memetik bait sutra yang mudah dipahami lalu menjelaskan kembali dengan kata-kata yang mudah dimengerti.

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
(一)

  修到西方極樂世界去的法子,不消多說得,只消專心念南無阿彌陀佛六個字,就能夠修成功的。不過世界上的人,有一種完全不明白這個道理的,有 一種稍稍懂得一些的,又多疑疑惑惑。所以我要做這一本書,使得大家明白一些佛的道理。但是既然要大家明白一些佛的道理,使得大家可以去掉疑惑,就不能夠不 把淺近的佛理解釋出來。要解釋一些佛的道理,就不能夠不說得周到一些,使得大家可以一些沒有疑惑。不過要說得稍稍周到,就不免有稍稍深一些的佛理了。讀這 本書的人,第一件最要緊、最不可以不曉得的,就是一心念南無阿彌陀佛六個字,就可以修成功到西方極樂世界去的。若是看了這本書,能夠完全懂得,自然是 最好。倘然講佛的道理的地方,有些不懂,也不要緊的,儘管可以看下去。只要把懂得的話,牢記在心裏頭,一面照了我教你們的法子去做就是了。
  民國十一年歲次壬戌九月,上海黃慶瀾識于甬江官舍

初機淨業指南
印光法師鑒定 淨業弟子黃慶瀾演稿
  我現在編這本書,是為的什麼?是因為要勸你們相信佛法,要勸你們修行。為什麼要勸你們相信佛法,要勸你們修行呢?因為我們生在這個世界上,很是 不好。修成功了,可以到一個極好的地方去,名叫西方極樂世界。那個世界,比了我們這個世界,要好到幾百千萬萬倍哩!那裏的好處,是說不盡的。我又曉得了修 行有一個極好極方便的法子,所以我來勸你們。若是你們曉得了西方極樂世界的好處,恐怕要捉住你們不許去,也捉不住你們了。

  我又因為講修行,求生到西方極樂世界去的書,雖然多得很,不過文理都是很深的,恐怕讀書不多的人就不能夠懂得。講修行的法子也雖然多得很,無奈有些法 子很不容易,恐怕你們怕了難,就不肯去修,或是起初高興修,到後來又不高興了。所以我把佛經裏頭最容易、最簡便的法子,用白話來告訴你們。你們既然容易懂 得,又容易學習,自然肯照我所說的法子去修了。
  我現在就把種種的道理,詳詳細細,一層一層的告訴你們。

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿