Rabu, 05 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 13


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 13

Kemampuan Gaib Bebas Tanpa Rintangan

Setelah terlahir di Alam Sukhavati kita akan memiliki kemampuan gaib yang sempurna.

Yang pertama adalah Mata Dewa, bukan hanya bisa melihat nun jauh di sana, bahkan walaupun ada tembok besar yang membatasi penglihatan, atau malam hari yang gelap gulita, dengan Mata Dewa dapat melihat dengan bebas tanpa rintangan.

Yang kedua adalah Telinga Dewa, bukan saja mampu mendengar suara nun jauh di sana, bahkan suara yang sehalus apapun juga bisa terdengar jelas.

Yang ketiga adalah kemampuan mengetahui isi hati orang lain. Jadi bukan hanya bisa mengetahui isi hati sendiri, bahkan orang yang berada di sekitar kita, jauh atau dekat, kenal atau tidak kenal, semua isi pikiran mereka dapat kita ketahui dengan jelas.

Yang keempat, mampu mengingat masa kelahiran lampau. Saat sekarang saja kita sudah melupakan peristiwa yang terjadi saat kita masih berusia lima atau enam tahun. Sampai di Alam Sukhavati jangankan satu atau dua masa kehidupan lampau saja, bahkan puluhan, ratusan, ribuan bahkan puluhan ribu masa kehidupan lampau juga masih bisa kita ingat.

Yang kelima adalah  kemampuan gaib sempurna, dapat menyempurnakan “kemampuan gaib yang bebas tanpa rintangan”. Di dunia ini bila kita hendak menuju ke tempat yang lebih jauh, tidak bisa dilakukan dengan jalan kaki, melainkan membutuhkan moda transportasi, tetapi setelah terlahir di Alam Sukhavati, bukan saja mampu mengelilingi seluruh Alam Sukhavati, bahkan juga bisa berjelajah di alam para Buddha di sepuluh penjuru, hanya dalam waktu sekejab saja, juga tidak perlu buang tenaga dan capek-capek, bawa koper segala. 

Di dunia ini, walaupun kita ingin meniru backpacker juga harus ukur kemampuan diri dulu, ketemu gunung, sungai, lautan, badai, hujan, salju, maka terpaksa harus mengurungkan niat untuk adu nyali. Tetapi begitu terlahir ke Alam Sukhavati, setelah resmi menjadi penduduk di sana, maka mau ke mana saja tidak perlu lagi berpikir dua kali, langsung tiba di tempat tersebut.

Bayangkan saja perjalanan yang amat menyenangkan ini, tidak ada yang bisa membatasi ruang gerak kita, juga bisa langsung sampai di tujuan, bukankah begitu mengasyikkan?

Lima jenis kemampuan gaib di atas disebut sebagai Panca Abhinna. Di dalam Ajaran Buddha, bisa memperoleh lima jenis kemampuan gaib ini saja sudah mengungguli para Dewa, ditambah satu lagi yakni kemampuan gaib yang diperoleh dengan melenyapkan kekotoran batin (klesa), sehingga menjadi Enam jenis kemampuan gaib atau Sad Abhinna. Jadi Arahat bisa memperoleh enam jenis kemampuan gaib.   

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
(十三)

神通自然

  並且到了西方極樂世界,我們的神通,還可以大得了不得。

  第一件,我們現在的眼光,不過看到幾十步路的遠。倘然有了一道牆壁,或是一張紙,隔斷了我們的眼光,或是到了夜裏頭沒有亮光的地方,就一些看不 見了。到了西方極樂世界,無論日裏、夜裏,常常有各種光亮,沒有黑暗的時候,也沒有黑暗的地方。日裏、夜裏都是一個樣子的,只看蓮花合攏就是夜裏,蓮花放 開就是日裏。並且無論遠到幾千萬萬里,幾千萬萬世界,儘管有無盡的大山隔斷,也沒有一些兒看不見的。就是黑暗到極底的地方,也明明亮亮的,看得清楚。就是 我們這個世界,也還能夠看得見的。這個叫做天眼通。

  第二件,我們的耳朵,不過能夠聽見極近地方的聲音,稍稍遠一些就聽不清楚了。到了西方極樂世界,無論遠到幾千萬萬里,就是我們這個世界上有一些些極輕的聲音,也沒有聽不清楚的。這個叫做天耳通。

  第三件,我們不過自己肚裏的心思可以曉得的。旁人肚裏的心思,無論父子、兄弟、夫妻,儘管極親信、極要好的人,也就不能夠曉得了。到了西方極樂 世界,無論什麼人肚裏的心思,沒有不曉得的。並且無論什麼書,不消讀得,那書裏頭所說的樣樣事情、樣樣道理,自然都能夠曉得了。不識字的人,也自然都會識 了。這個叫做他心通。

  第四件,我們所曉得自己經過的事情,都是五、六歲以後的事情。三、四歲以前的事情,就都記不得了。到了西方極樂世界,不獨是能夠曉得這一世的事情,連前一世,前十世,前幾百、幾千、幾萬萬世的事情,也都能夠曉得了。這個叫做宿命通。

  第五件,我們現在走路,極強健的人,常常走路走慣的,最多一天走了一百里路罷了。到了西方極樂世界,不消一分鐘,就能夠遊遍十方無窮無盡的世 界,並且一些不吃力,一些不煩難的。我們這個世界上的人,碰著了高的山,或是有大河、大江、大海的地方,或是有大風、大雨、大雪的時候,就都不能夠走了。 若是生到了西方極樂世界去,做了西方極樂世界的人,就可以要到哪里立刻就到哪里。既然沒有什麼阻隔,並且非常的快,這不是比這個更有趣沒有了的麼?這個叫 做神足通。

  我上邊所講的。是叫五通。佛法裏頭,得了這五種神通,已經比那最高的神仙勝過許多了。再加上了一個漏盡通,就叫做六通。不過這種六通,一定要是 得道的羅漢,才能夠完全得著。什麼叫做漏盡通呢?就是貪、瞋、癡等種種的煩惱(貪、瞋、癡三個字,是什麼解釋呢?那字,就是貪心不足的意思。那字,就是心裏頭動火發恨的意思。那字,就是心裏頭轉的念頭不合正當道理的意思。這三種都叫做意業,就是在心意裏頭所造的業,所以叫做意業。因為有了 這三種的心,就要造出種種的意業來了。所以這三種心,實在是生出種種惡業的原因,不可以不自己隨時警戒的),一些沒有。戒、定、慧等種種的功德,都圓滿完 全的好名目。但是這種道理是很深的,說起來也不是容易明白的,所以我也不詳細說了。

  總之,我所說的那六種神通的好處,不過說了千萬萬分裏頭的一二分。你們聽得了,恐怕已經覺得奇怪到極處了,因為從來不曾聽見過,所以覺得很奇怪哩!

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿