Sabtu, 06 Agustus 2016

Lebih Giat Melatih Diri 04


Momen Untuk Lebih Giat Melatih Diri
Bagian 4

Kata Dharma Master Lianchi

Master Lianchi adalah Guru Sesepuh Aliran Tanah Suci, sebelumnya beliau belajar Ajaran Dhyana dan telah mencapai pencerahan, kemudian beralih melatih Pintu Dharma Tanah Suci. Tiga belas Guru Sesepuh Aliran Tanah Suci, selain Master Yin Guang yang tidak belajar Dhyana, yang lainnya juga belajar Dhyana, setelah mencapai pencerahan, mereka beralih mempelajari Ajaran Tanah Suci. Mereka setelah mencapai pencerahan, barulah mengetahui bahwa untuk mencapai pencerahan adalah hal yang sedemikian sulitnya.

Kebenaran yang terkandung di dalam Ajaran Tanah Suci, kita tidak mampu memahaminya, maka itu apa yang diucapkan oleh Guru Sesepuh, maka kita meyakininya begitu saja, seperti kata pepatah, kalau ingin tahu jalan turun gunung, maka harus bertanya pada orang yang telah berpengalaman.

Kata Dharma berikut ini merupakan kata Dharma dari Master Lianchi yang diucapkan beliau kepada praktisi Tanah Suci yang  sudah belajar selama bertahun-tahun :

“Melihat para murid baru, yang baru saja mulai menempatkan lafalan Amituofo di dalam hati, sebelum melafal Amituofo, bentuk-bentuk pikiran yang bermunculan masih sedikit, tetapi semakin melafal Amituofo semakin banyak bentuk-bentuk pikiran yang bermunculan, sehingga salah tafsir mengira bahwa melafal Amituofo tidak bisa membuat pikiran jadi terfokus. Kalian tidak tahu bahwa bentuk-bentuk pikiran adalah akar samsara sejak kalpa lampau yang tak terhingga, bagaimana mungkin bisa langsung dikikis hingga tuntas? Ketika pikiran berkeliaran, justru merupakan momen untuk lebih giat melatih diri, ketika bentuk pikiran muncul segera melafal Amituofo, lama kelamaan ketrampilan jadi mahir, dengan sendirinya bentuk-bentuk pikiran takkan bermunculan lagi. Apabila kalian dapat menyadari bahwa khayalan sendiri begitu berat, untunglah ada sepatah Amituofo. Ketika tidak melafal Amituofo, sesungguhnya bentuk-bentuk pikiran lebih banyak bermunculan tanpa henti, apakah diri sendiri dapat menyadarinya?”   

Petikan Ceramah Upasaka Li Bing-nan
Pada Tahun Baru 1979 Masehi
Disusun oleh : Majalah Bulanan Minlun


()

蓮池大師法語

蓮池大師是淨土宗祖師,早年學禪,斷了見思惑,證了果,然後修淨土法門。十三代的淨土宗祖師,除印光祖師不是學禪以外,其他都是學禪,證了果以後學淨土,他們證果後才知道證果多麼的難。淨土的道理,我們不懂,那祖師說什麼話,我們就信什麼,欲知山下路,必問過來人。這篇法語是蓮池大師對學了多年的淨土學人說的「警眾法語」,這些法語就是祕密。

「予見新學後生,纔把一句佛頓在心頭,閒思妄想,越覺騰沸,便謂念佛功夫不能攝心。不知汝無量劫來生死根由,如何能得即斷?且萬念紛飛之際正是做工夫時節,旋收旋散,旋散旋收,久後工夫純熟,自然妄念不起。且汝之能覺妄念重者,虧這句佛耳。如不念佛之時,瀾翻潮涌剎那不停者,自己豈能覺乎?」

文摘恭錄 :
正是用功時節
李炳南老居士講述
民國六十八年元旦慎齋堂開示
明倫月刊社整理