Kamis, 06 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 24


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 24

Seseorang yang tidak melakukan sepuluh kejahatan disebut telah melakukan sepuluh kebajikan. Orang yang mengamalkan Sepuluh Kebajikan ini juga masih bisa dibagi atas tiga kelompok :
1.    Kelompok Atas: selain diri sendiri mengamalkan Sepuluh Kebajikan juga bisa menasehati orang lain agar ikut mengamalkan Dasa Kusala Karma.
2.    Kelompok Menengah: asalkan diri sendiri bisa mengamalkan maka ini sudah cukup.
3.    Kelompok Bawah: meskipun diri sendiri bisa mengamalkan Sepuluh Kebajikan, tetapi masih bisa timbul iri hati pada orang lain.

Andaikata ada orang yang mampu mengamalkan Sepuluh Kebajikan juga sekaligus menasehati orang lain agar ikut mengamalkannya, tetapi belum melafal Amituofo, semua jasa kebajikan dari mengamalkan Sepuluh Kebajikan ini dilimpahkan dengan berniat lahir ke Alam Sukhavati, maka orang ini hanya bisa terlahir di Alam Surga saja.

Sedangkan kelompok Bawah hanya bisa mencapai Alam Asura saja. Kelompok Menengah akan terlahir kembali di Alam Manusia.

Kalau berhasil mengamalkan Sepuluh Kebajikan maka dengan sendirinya juga bisa mengamalkan Lima Sila (Pancasila Buddhis), oleh karena hampir serupa.

Lima Sila (Pancasila Buddhis) adalah :
1.    Tidak Membunuh
2.    Tidak Mencuri
3.    Tidak Berzinah
4.    Tidak Berdusta
5.    Tidak mengkonsumsi minuman keras

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
二十四

  一個人能夠不犯這十種惡業,就叫修十善業。但是修十善業的人,也要分上品、中品、下品三種。上品的不獨是自己能夠修十善業,並且還能夠勸旁人也 修十善業。中品的只是自己能夠修十善業罷了。下品的雖然自己也能夠修十善業,卻不免有妒忌旁人的心。若是一個人能夠修了上品十善業,還沒有切切實實的念 佛,把那所修一切善業的功德,完全歸在求生到西方極樂世界去的一個願心上,那麼這個人就生到天道裏頭去了。若是修下品十善業的人,就生到阿修羅道裏頭去 了。那修中品十善業的人,都仍舊生到人道裏頭來的。這一種人,雖然只修得中品十善業,但是既然能夠修十善業,那麼佛經上所說的五戒,也一定能夠守住的了。 因為五戒同了那十善業,比較起來實在是差不多的。(這層道理,同了什麼叫五戒,我下邊再告訴你們。)

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿