Sabtu, 08 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 29


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 29

Lalu ada pula yang bertanya : Katanya orang awam bila melafal Amituofo bisa terlahir ke Alam Sukhavati, mana buktinya?

Saya menjawab : Ada sebuah buku yang berjudul “Wang Sheng Ji”, yang berisikan fakta orang awam yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, di dalam buku tersebut dikisahkan banyak perumpamaan!

Di dalam buku tersebut juga dikisahkan tentang Burung Beo yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, oleh karena sering mendengar pemiliknya melafal Amituofo, lalu si Burung Beo menirunya, setelah itu setiap hari mengikuti pemiliknya melafal Amituofo. 

Dari perumpamaan tersebut dapat disimpulkan bahwa burung saja dapat berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, apalagi orang awam?

Walaupun kita adalah orang awam tetapi jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan) kita tiada bedanya dengan Buddha. Sekarang kita masih belum mencapai KeBuddhaan dan masih merupakan orang awam, oleh karena selama kelahiran demi kelahiran melakukan banyak karma buruk.

Karma buruk yang bertumpuk-tumpuk ini telah menutupi jiwa sejati kita dengan mendalam, sehingga menjadi orang awam. Oleh karena Jiwa KeBuddhaan kita ini telah ditutupi sehingga kita jauh dari pencapaian KeBuddhaan.

Sekarang kita melafal Amituofo tujuannya adalah menghapus karma buruk yang bertumpuk-tumpuk tersebut. Setelah lapisan-lapisan karma buruk tersebut berangsur-angsur dilenyapkan, barulah Jiwa KeBuddhaan akan muncul keluar.

Berangsur-angsur menghapus kesesatan kita, maka bisa menemukan kembali jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan) sehingga kian hari kian mendekati KeBuddhaan.

Maka itu pencapaian KeBuddhaan bukanlah hal yang sulit, hanya untuk mengembalikan kita pada Jiwa KeBuddhaan yang sejak semula memang ada pada diri kita masing-masing. Lalu mengembangkan Jiwa KeBuddhaan kita, kian hari kian jernih, menyempurnakan KeBuddhaan.

Lihatlah, bukankah Buddha Amitabha dulunya adalah seorang raja. Buddha Sakyamuni dulunya juga adalah seorang putra mahkota. Mereka juga adalah orang awam yang berhasil mencapai KeBuddhaan. 

Mereka telah menunjukkan bukti pada kita bahwa Mereka adalah orang awam tapi bisa berhasil, maka itu mengapa kita tidak mau meneladani Mereka? Kita juga bisa berhasil seperti Mereka.

Setelah mengetahui bahwa orang awam juga bisa berhasil mencapai KeBuddhaan, jadi tunggu apa lagi? Mengapa tidak segera melatih diri?

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
(二十九)

那虛心的人又問我道:我們這種凡人,也能夠修得到西方極樂世界去,有什麼證據呢?

我回答他道:有一部書,叫做《往生集》,都是些凡人修成功的實在的事體,那書上說的多得很哩!不獨是人可以修成功,那《往生集》一部書裏頭,還 說有一隻鸚哥、一隻鴝鵒,因為聽了他主人家念佛,他學會了,也天天念佛,這兩隻鳥也都修成功到西方極樂世界去的。照這樣看起來,鳥尚且能夠修到西方極樂世 界去,何況我們是人呢?

還有一個道理:我們雖然是一個凡人,但是我們本來有的心性,都是同佛的心性一樣的。我們現在不能夠成佛,只做了一個凡人,是因為我們一世一世做 人,不免一世一世,多有些罪孽。罪孽越積得多,本來的心性越迷得深,所以就成了一個凡人。把本來有的佛性,都迷糊住了,就同佛離開得很遠了。現在勸人念 佛,就是要消掉前世所作的孽。並且把本來有的佛性,慢慢的顯他出來。把那種種的迷,慢慢的去掉他。就可以慢慢的回復自己本來有的佛性,就可以同佛相近了。 所以修成佛,並不是什麼特別的難事情,不過回復我們本來有的佛性罷了。再把這個佛性,保養他,慢慢的長大起來,越養越大,就可以成佛了。你看阿彌陀佛,是 當初一個國王修成的。釋迦牟尼佛,是一個印度的王太子修成的。他們兩位,都是同我們一樣的凡人。他們既然也是凡人修成的,我們一樣的凡人,為什麼就一定不 能夠修成呢?你們現在已經曉得,阿彌陀佛,同那釋迦牟尼佛,也是凡人修成的。你們就可以相信,凡人的確可以修成佛的了。凡人既然也可以修成佛的,你們為什 麼還不快快的去修呢?

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿