Minggu, 10 Juli 2016

Pelafalan Amituofo 08



Pintu Dharma Pelafalan Amituofo
(Bagian 8)

4.       Mudah dan Istimewa
Diantara pintu Dharma yang tak terhingga yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni, Pintu Dharma Pelafalan Amituofo merupakan yang paling mudah dan praktis. Contohnya :

1.      Mudah bersua dengan Buddha : di alam saha ini, Buddha Sakyamuni telah memasuki Parinirvana, sedangkan Bodhisattva Maitreya kelak baru lahir ke dunia, sekarang kita lahir pada masa tidak adanya Buddha yang membabarkan Dharma di dunia ini, sehingga tidak berkesempatan bersua Buddha dan mendengar pembabaran Buddha Dharma, hal ini membuat kita sungguh tersiksa; tetapi Buddha Amitabha, saat kini sedang membabarkan Dharma di Alam Sukhavati, begitu kita terlahir di Negeri Buddha Amitabha, langsung dapat bertemu dengan Buddha dan mendengarkan pembabaran DharmaNya.

2.     Mudah dalam pengamalan : pintu Dharma lainnya, membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan satu sesi kebaktian, mesti menghadap di depan rupang Buddha, bernamaskara dan membaca sutra;  atau mesti memilih sebuah tempat khusus yang hening, menenteramkan jiwa dan raga, barulah bisa mulai melatih Dhyana.

Lain halnya dengan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, begitu praktis, baik berjalan, berdiri, duduk maupun berbaring, saat sibuk maupun senggang, meladeni tamu, bekerja bahkan juga saat berkendara atau berolahraga, semua kegiatan ini boleh dilakukan sambil melafal Amituofo di dalam hati, sungguh mudah dan praktis.

Lagi pula Pintu Dharma Pelafalan Amituofo telah sempurna akan seluruh jasa kebajikan, dengan melafal sepatah Amituofo, telah menyempurnakan Enam Paramita dan seluruh bentuk pengamalan lainnya.

Contohnya :
~ Dengan melafal sepatah Amituofo, melepaskan segala kemelekatan, ini adalah Dana Paramita;
~ menfokuskan pikiran melafal Amituofo, tidak melakukan karma buruk, ini adalah Sila Paramita;
~ menfokuskan pikiran melafal Amituofo, dengan sendirinya hati jadi damai, takkan ada kebencian dan amarah, ini adalah Ksanti Paramita; 
~ menfokuskan pikiran melafal Amituofo, berkesinambungan tak terputus, selamanya takkan mundur dan merosot, ini adalah Virya Paramita;
~ menfokuskan pikiran melafal Amituofo, khayalan tidak timbul, ini adalah Dhyana Paramita;
~  menfokuskan pikiran melafal Amituofo, pikiran benar tak tergoyahkan, ini adalah Prajna Paramita.

Dengan melatih satu metode dapat menyempurnakan seluruh pintu Dharma lainnya, maka itu dalam segi pelaksanaannya, merupakan yang paling mudah dan praktis.

Dipetik dari :
 Ceramah Master Wen Zhu 
Judul : Pintu Dharma Pelafalan Amituofo


念佛法门
()

(四)方便殊胜

在释尊所说无量法门中,念佛法门,最为方便。例如:

一、见佛方便:娑婆世界,释尊早已入灭,弥勒菩萨,当来下生,现在我们生在无佛之世,没有机会见佛闻法,非常苦恼;但阿弥陀佛,于今正在极乐世界说法,但得往生彼国,立即可以见佛闻法。

二、受持方便:其他法门,必须时处许可,面对佛前,始可礼拜诵念;或在清净寂静的环境中,安顿身心,然后可以修习禅定。但念佛法门,行住坐卧,忙碌安闲,迎宾送客,办公做事,甚至舟车劳动,皆可以心念佛号,非常方便。

何况念佛法门,具诸功德,但念一句弥陀,就得总摄六度万行。例如:一心念佛,万缘俱舍,就是布施;一心念佛,不作恶业,就是持戒;一心念佛,心自柔和,不嗔不暴,就是忍辱;一心念佛,净念相继,永不退堕,就是精进;一心念佛,妄念不起,就是禅定;一心念佛,正念分明,就是般若。修一行,即具足众行,在受持方面,是非常的方便。

节录自 :