Sabtu, 06 Agustus 2016

Lebih Giat Melatih Diri 09



Momen Untuk Lebih Giat Melatih Diri
Bagian 9

Akar dari samsara adalah bentuk-bentuk pikiran, ada bentuk pikiran maka ada klesa (kekotoran batin) yang ditimbulkan oleh pandangan salah dan pemikiran salah. Kalau sampai hal ini tidak dipahami, bagaimana bisa menemukan kembali jiwa sejati? Arahat memahaminya maka itu melenyapkan kekotoran batin (klesa) ini.

Kita tidak mampu melakukannya, barulah menggunakan kekuatan Buddha Amitabha, tetapi anda melafal Amituofo sambil berkhayal, hatimu tidak difokuskan di dalam lafalan Amituofo, kalau tidak membangkitkan ketulusan sepenuhnya maka takkan ada mukjizatnya, bagaimana pula bisa mencabut akar samsara?

Untuk mencabut akar samsara terlebih dulu harus memutuskan bentuk-bentuk pikiran, tetapi hal ini tidaklah mudah, lantas bagaimana? Di dalam sutra disebutkan bahwa : “Membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati”. Kalau membawa serta karma, bagaimana bisa terlahir ke Alam Sukhavati?

Umpamanya saya sedang berada di luar rumah lalu jatuh ke dalam tumpukan kotoran sehingga sekujur tubuh kita dipenuhi kotoran, kemudian saya menuju ke vihara yang berdekatan, pihak vihara tentunya tidak memperbolehkan saya masuk, mengharuskan saya membersihkan diri dan mencuci bersih pakaianku terlebih dulu, kalau mandi saja masih lumayan, tapi untuk mencuci pakaian masih harus menjemur dan menunggu sampai pakaian jadi kering dan sebagainya.

Untunglah saya masih mempunyai cara lain, asalkan tubuhku dibalut dengan selapis selimut yang indah dan tebal, asalkan baunya tidak tercium maka boleh masuk ke vihara, inilah yang disebut dengan meredam kekotoran batin (klesa).

Aliran Tanah Suci mengajari praktisi sekalian untuk meredam kekotoran batin, kalau tidak sanggup meredamnya, maka takkan bisa meraih keberhasilan, apabila tidak sanggup melenyapkannya maka harus bisa meredamnya, barulah bisa meraih keberhasilan.

Petikan Ceramah Upasaka Li Bing-nan
Pada Tahun Baru 1979 Masehi
Disusun oleh : Majalah Bulanan Minlun


()

生死根本就是打妄念,有妄念就有見思惑。若見思惑都不懂得,如何明心見性?羅漢懂得,所以能斷惑。我們辦不到,才用阿彌陀佛的力量,可是你念佛打妄想,心不在阿彌陀佛身上,沒有至心不得感應,生死根本如何斷?斷生死根本就是要斷妄念、斷惑,惑有一百多品,一品惑也沒斷,怎麼辦?經上言:「帶業往生」。帶著罪業怎麼往生呢?譬如我在外面沾了一身大糞,然後進入慎齋堂的佛堂,你們看了一定不准我進來,要我先去洗澡、洗衣服,洗澡還容易,洗衣服還要晒乾等等。於是我有好法子,我身上只要包上一層厚厚又漂亮的毛毯,臭味聞不到就可以進來了,這就是伏惑。淨土宗教大家伏惑之法,把惑壓下來,壓不住就不行,不能斷惑就要伏惑,不能伏惑,萬不成功。

文摘恭錄 :
正是用功時節
李炳南老居士講述
民國六十八年元旦慎齋堂開示
明倫月刊社整理