Selasa, 12 Juli 2016

Pelafalan Amituofo 18



Pintu Dharma Pelafalan Amituofo
(Bagian 18)

5.     Mengamalkan Trisarana
Trisarana adalah berlindung pada Buddha, Dharma dan Sangha, Triratna (Tiga Mustika).

Sang Buddha adalah Guru para Dewa dan Manusia, yang membimbing semua makhluk keluar dari lautan penderitaan samsara sehingga mencapai pantai seberang Nirvana. Dharma adalah kebenaran universal. Sangha adalah ladang berkah dunia, kalyanamitra yang menyebarluaskan Buddha Dharma, membimbing manusia keluar dari kesesatan.   

Maka itu sebelum belajar Ajaran Buddha dan melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati, terlebih dulu berlindung pada Triratna (Buddha, Dharma dan Sangha), menghormati dan memberi persembahan kepada Tiga Mustika.  

Selain ber-Trisarana dengan penuh ketulusan, juga mendukung perkembangan Buddha Dharma, menjalankan sila, menimbun berkah, melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati, dengan karma suci ini pasti terlahir ke Negeri Buddha Amitabha.  

6.    Mengamalkan Sila
Sila merupakan tangga menuju ke Jalan KeBuddhaan, landasan dari segala Kusala Dharma. Oleh karena sila dapat membuat manusia menghentikan perbuatan jahat, menumbuhkan akar kebajikan, membantu mengembangkan samadhi, memunculkan kebijaksanaan.

Maka itu Brahmajala Sutra menyebutkan bahwa sila itu bagaikan rembulan dan mentari yang bersinar cemerlang, juga bagaikan mutiara Ying Luo, para Bodhisattva yang bagaikan butiran debu tak terhitung banyaknya, dari mengamalkan sila mencapai penerangan sempurna.

Mahaparinirvana Sutra menyebutkan : “Ketika Sang Buddha masih berada di dunia, maka menjadikan Buddha sebagai Guru, setelah Buddha memasuki Parinirvana, maka menjadikan sila sebagai guru”.

Setiap praktisi yang telah mengambil Trisarana hendaknya menjalankan sila, yang paling dasar adalah Lima Sila (Pancasila Buddhis), kemudian ada Delapan Sila (Uposatha Sila), Sepuluh Sila (Dasa Sila), Pratimoksha Sila, dan Bodhisattva Sila.   

Dengan mengamalkan sila, memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain, menjadikan benih untuk terlahir ke Negeri Buddha Amitabha.  
  
Dipetik dari :
 Ceramah Master Wen Zhu 
Judul : Pintu Dharma Pelafalan Amituofo


念佛法门
(十八)

五受持三皈:三皈即是皈依佛、法、僧三宝。佛是三界导师,四生慈父,能领导众生,出离生死苦海,到达涅槃彼岸;法是宇宙真理,人天眼目,能指示众生,舍恶从善,断除烦恼,入佛知见;僧是世间福田,浊世的善知识,能住持佛法,化导群迷,福利人天。所以念佛求生净土,先当皈依三宝,恭敬三宝,供养三宝。在皈依三宝的虔诚意识中,奉行佛的正法,持戒,修福,念佛求生净土,以此净业,决定可以往生佛国。

六具足众戒:戒是佛道的阶梯,一切善法的根本。因为戒能令人防非止恶,增长善根,助长定力,出生智慧。所以梵网经说:戒如明日月,亦如缨络珠,微尘菩萨众,由是成正觉。涅槃经说:佛在世时,以佛为师,佛灭度后,以戒为师。凡是皈依三宝的佛弟子,都应该受持佛戒。佛的制戒有多种,最普通的是五戒,八戒,十戒,具足戒,以及菩萨戒。今言:具足众戒,显然是不止但求受五戒,还要进一步求受八戒,十戒,具足戒,甚至受持菩萨的三聚净戒,自利兼他,作为往生佛国的正因。

节录自 :