Minggu, 07 Agustus 2016

Lebih Giat Melatih Diri 15



Momen Untuk Lebih Giat Melatih Diri
Bagian 15

Beribu untaian kata yang kami sampaikan, tak lain adalah menjadikan sutra Buddha sebagai landasan, hanya mengandalkan apa yang tercantum di dalam sutra Buddha, sedangkan apa yang tidak tercantum di dalam sutra Buddha tidak boleh dipercaya.

“Melafal Amituofo, pikiran terfokus tak tergoyahkan”, Amitabha Sutra sudah menyebutkannya dengan begitu jelas, kalau masih juga tidak mau percaya, maka buat apa anda belajar Buddha Dharma? Ucapan siapa yang anda mau turuti?

Belajar Ajaran Buddha itu haruslah “Mengandalkan Dharma dan tidak mengandalkan orangnya”, ini merupakan aturan mutlak, meskipun hari ini Buddha Sakyamuni turun lagi ke dunia untuk meralatnya, kita juga tidak boleh mengandalkannya, apalagi cuma seorang praktisi senior yang tidak sebanding dengan Buddha! Siapapun yang mengeluarkan pernyataan yang tidak tercantum dalam sutra Buddha, semuanya ini tidak boleh dipercaya. 

Petikan Ceramah Upasaka Li Bing-nan
Pada Tahun Baru 1979 Masehi
Disusun oleh : Majalah Bulanan Minlun


(十五)

千言萬語,佛經為根本,經上有的為憑,經上沒有的不能信。修那個法門有那個法子,修淨土的有淨土的法子,修禪用淨土的法門也不行,如廚房的刀是切菜的,鏟子是炒菜的,拿著鏟子切菜,拿著刀炒菜,一定不行。執持名號,一心不亂,彌陀經說得清清楚楚的,若不聽,那你在學什麼佛?要聽誰的話?學佛要「依法不依人」,這是一定的規矩,經上已有的,即使釋迦牟尼佛又來改說別的,也不依;何況是大居士、大法師跟佛比起來,也比不了啊!其他外人說的更不可信。

文摘恭錄 :
正是用功時節
李炳南老居士講述
民國六十八年元旦慎齋堂開示
明倫月刊社整理