Selasa, 04 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 03


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 3

Alam Sukhavati di Penjuru Barat
Melatih diri sampai berhasil, bagaimana baru dikatakan sebagai berhasil? Yaitu kalau bisa terlahir ke Alam Sukhavati maka pelatihan diri telah berhasil. Alam Sukhavati adalah alam tempat kediaman Buddha Amitabha. Alam tersebut sangat bersih.

Permukaan tanah Alam Sukhavati seluruhnya terbentuk dari emas. Segala sesuatu terbentuk dari beragam mustika, sungguh istimewa dan menakjubkan. Di dunia ini tiada satupun benda yang dapat sebanding dengannya, bahkan istana langit sekalipun!

Di Alam Sukhavati, tiada satupun tempat yang terkotori meskipun oleh setitik debu pun, maka itu disebut sebagai “Tanah Suci”, yang berarti tempat yang bersih.

Mengapa dikatakan setelah terlahir ke Alam Sukhavati berarti pelatihan diri kita sudah berhasil? Oleh karena setelah terlahir di Alam Sukhavati, kita sudah berhasil mengakhiri samsara.

Apa maksudnya mengakhiri samsara? Oleh karena sesudah meninggal dunia, kita akan bertumimbal lahir, setelah lahir mati lagi, demikianlah seterusnya menjalani siklus kelahiran dan kematian yang tak berujung.

Dengan terlahir ke Alam Sukhavati kita bisa mengakhiri siklus kelahiran dan kematian ini, beralih dari orang awam menjadi insan suci, kemudian mencapai KeBuddhaan.

Dengan melatih diri sedemikian rupa, maka setiap orang bisa mencapai KeBuddhaan. 

Mengapa sampai di Alam Sukhavati bisa mencapai KeBuddhaan? Saya akan menjelaskannya lebih lanjut, tetapi sebelumnya saya akan memperkenalkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki Alam Sukhavati.

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
(三)

西方極樂世界
  我說修行修成功,到底怎麼樣才算修成功呢?就是能夠生到西方極樂世界去,就算修成功了。那西方極樂世界,就是阿彌陀佛所住的世界。那個世界,是 極乾淨的。那裏的地,完全是黃金生成的。那裏所有的東西,都是種種奇妙的寶貝生成的,實在是好得了不得的。比了我們這個世界的天宮,還要好到百千萬倍哩! 在那西方極樂世界裏邊,無論什麼地方,都是一點兒齷齪也沒有的,所以也叫做淨土,就是乾淨地土的意思。

  為什麼修到了西方極樂世界,就算修成功了呢?因為我們修到了西方極樂世界,我們個個人就都能夠了生脫死(什麼叫做了生脫死呢?就是我們這個世界上的 人,死了要去投生,生了又要死。了生脫死,就是永遠不再受那生了又死、死了又投生的苦。那生死的苦,我下邊再講給你們聽),超凡入聖了(什麼叫做超凡入聖 呢?超凡兩個字,就是跳過了凡人的境界,不再做這個世界上的凡人。入聖兩個字,就是能夠到聖人的地位。到了聖人的地位,就漸漸的好到佛的地位 了)。可以從此一步一步的修上去,沒有一個人不能夠成佛了。

  到了西方極樂世界就能夠修成佛的道理,我下邊再講給你們聽。我現在先把西方極樂世界種種的好處,大略說給你們聽聽。

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿