Rabu, 05 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 17


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 17

Hukum Karma
Hati sejati kita adalah sama dengan Hati Buddha, hanya saja sekarang masih ditutupi dan disesatkan oleh Avidya, sehingga hati sejati tidak bisa muncul ke permukaan. Segala sesuatu adalah semu adanya.

Meskipun kalian telah mengerti bahwa segala sesuatu adalah kosong, tetapi janganlah karena hal ini sehingga bisa sesuka hati melakukan karma buruk. Oleh karena Hukum Karma tetap berlaku, segala perbuatan pasti ada balasannya.

Ibarat sepetak lahan persawahan, saat musim semi menabur benih padi, sampai pada musim gugur akan menghasilkan panen padi, ini adalah kebenaran yang pasti. Menanam benih karma buruk akan menghasilkan akibat karma buruk. Demikian pula bila menanam benih KeBuddhaan maka akan menghasilkan buah KeBuddhaan. 

Melafal Amituofo adalah menanam benih KeBuddhaan, kelak menghasilkan buah KeBuddhaan, ini juga merupakan kebenaran Hukum Karma atau Hukum Sebab Akibat.

Dengan melafal Amituofo menanam benih KeBuddhaan, saat menjelang ajal terlahir ke Alam Sukhavati dan melatih diri mencapai KeBuddhaan.

Sampai di sini, saya kembali mengingatkan pembaca sekalian, apabila ada hal yang tidak dimengerti, lewatkan saja, tidak perlu dipaksakan untuk memahaminya.

Asalkan dapat membangkitkan keyakinan pada Hukum Karma dan tidak timbul keraguan, asalkan dapat membangkitkan ketulusan melafal Amituofo, kelak pasti bisa terlahir ke Alam Sukhavati, senantiasa mengingat perkataan ini di dalam hati.

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
(十七)

因果法則

  講到我們的真心,本來是同佛心一樣的。從古時到現在,總不會生一個出來,也不會滅掉一個,從來沒有一些變動的。所有現在種種現出來的形相,都是被那無明迷住了真心,現出來的。種種都是虛的假的,沒有實在的。

  但是有一層,你們既然曉得了種種事情都是空的,卻千萬不可以因為隨便什麼事情都是空的,就隨意造出種種的惡業來。你們要曉的,無明這樣東西,就 是一種的因果報應。倘然造了惡的業因,將來斷斷乎逃不了苦的果報的。譬如一塊田,春天下了穀的種子,到了秋天自然會結成功稻的,那是一定的道理。既然造了 惡因,就會得著苦報應。那麼修了佛因,將來自然會結成佛果。我所以要勸你們念佛,就是要你們種佛因,望你們將來結佛果,這也是因果的道理。倘然你們真能夠 種念佛的善因,將來自然真能夠結成功生到西方極樂世界去,漸漸的修成佛的好果。

  我這一番說話,想起你們來總應該明白的了。倘然還有不能夠明白的地方,也不要去十分多想他。只要把那因果兩個字,相信得真真切切,不起一絲一毫的疑心。只要想自己天天的誠心念佛,將來一定能夠生到西方極樂世界去的,常常把這個念頭放在心上就是了。

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿