Minggu, 09 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 39


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 39

Ada pula orang yang memiliki keraguan, tidak bisa percaya sepenuhnya pada isi sutra, orang begini sungguh tidak memahami kebenaran.

Harus kita ketahui bahwa Buddha Sakyamuni mana mungkin akan membohongi kita, oleh karena Sang Buddha menetapkan sila tidak berbohong sekelompok dengan tidak membunuh, tidak mencuri dan tidak berzinah. Ini adalah empat sila dasar, ditambah sebutir sila lagi yakni tidak minum arak, sehingga menjadi “Lima Sila”.

Tak peduli anggota Sangha atau umat awam juga mesti menaati “Lima Sila”. Buddha memandang sila tidak berbohong sebagai sila yang berat, maka itu Buddha sendiri tidak mungkin berdusta.     

Lagi pula pada umumnya alasan orang berbohong itu ada dua yaitu :
1.    Berharap memperoleh keuntungan
2.    Berusaha menghindari ancaman bahaya

Sang Buddha telah memiliki segala jenis keuntungan, jadi keuntungan apa lagi yang bisa diharapkan? Sedangkan menghindari ancaman bahaya lebih mustahil lagi, jadi buat apa Sang Buddha mengelabui kita?

Maka itu ucapan Buddha mesti diyakini tanpa keraguan sama sekali.      

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
(三十九)

  還有一種見識淺的人,同那多疑惑的人,連佛經上所說的話,都不能夠十分相信,那真是太不明白道理了。你們要曉得,佛是最不喜歡說妄語的,所以總禁戒人 不要說妄語。佛把那說妄語的一種壞處,同了那殺害生命、偷盜人家的東西、姦淫人家的婦女三種惡業,叫做四種根本的重罪(就是五戒,不過少一種戒飲酒)。無 論是出家人,不是出家人,都要守著這個禁戒的。佛既然這樣的禁戒人說妄語,哪里還會自己說妄語呢?若是佛也說妄語,佛自己先應該墮落了,哪里還會成佛呢? 佛既然因為有能夠守禁戒的功德,成了佛,他對我們說的話,一定不是妄語了,一定是真實不虛的了,這是一定的道理。

  況且平常的人,所以要說妄語,都是為了兩種緣故:一種是要想得著好處,一種是要想避掉害處。到了佛的地位,已經再好也沒有的了,還可以想得著什 麼好處呢?講到害處,更加是不會有的了,那麼佛為什麼還要說妄語呢?所以佛說的話,沒有可以不相信的。若是佛所說的話還不相信,那就沒有可以相信的話了, 那就沒有可以相信的事情了。所以我勸你們,千萬不可以不相信,千萬不必再有一些些的疑惑心了。

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿