Kamis, 06 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 21


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 21

Umpamanya pada masa kelahiran berikutnya anda lahir di keluarga kaya. Saat itu anda punya banyak uang dan kekuasaan. Hari ini menyembelih dan makan daging ayam dan bebek, besoknya menyembelih dan makan babi dan kerbau. Selain itu juga berjudi, mabuk-mabukkan, melakukan perbuatan asusila.

Atau punya kekuasaan lalu menindas dan mengganggu orang lain, atau sudah jadi pejabat tapi masih menginginkan harta milik orang lain, menekan rakyat kecil. Atau sudah merampas harta orang lain tapi masih berpura-pura jujur, melindungi orang jahat, menfitnah orang baik, dan sebagainya.

Semakin tinggi kekuasaan semakin banyak pula menciptakan karma buruk. Dalam hatinya merasa senang, bisa berbuat sesuka hati dan merasa hebat.

Setiap hari sibuk melakukan kejahatan, mana ada waktu buat melatih diri? Maka itu bila membicarakan tentang melatih diri, maka segeralah melafal Amituofo. Melafal Amituofo adalah urusan yang amat mendesak sehingga harus cepat-cepat dilakukan, dengan demikian pelatihan diri barulah bisa berhasil!

Lagi pula hati manusia sekarang, kian hari kian jahat. Pelaku kejahatan kian hari kian bertambah. Maka itu di dunia ini, kalpa peperangan, bencana banjir, bencana kekeringan, bencana api dan wabah penyakit, lebih parah beratus-ratus kali dibandingkan dengan tempo dulu.

Bahkan boleh dikatakan tidak ada tempat yang tidak ada bencananya, tidak perlu membandingkan dengan jaman yang silam, katakan saja 50 tahun yang lalu, apakah keadaannya serupa dengan sekarang? Apakah ada begitu banyak bencana?

Hati manusia waktu itu, kebiasaan masyarakat saat itu, meskipun tidak terlampau bagus, tetapi bila dibandingkan dengan hati manusia sekarang ini, masih tergolong begitu lumayan!

Lantas bagaimana pula masa yang akan datang? Masa mendatang, baik bencana, wabah penyakit akan lebih parah lagi daripada saat sekarang ini! Kesengsaraan yang akan dialami lebih berkali-kali lipat.

Maka itu menasehati anda sekalian, lekaslah melafal Amituofo, bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, keluar dari tempat yang penuh siksaan ini!   

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
(二十一)

譬如你下一世,投了一個大富大貴的人。到了那個時候,你又有錢,又有勢。今天殺雞鴨吃,明天殺豬牛吃,賭錢,吃酒,還要嫖女人。或是仗了勢力, 欺苦惱人。倘然做了官,還要貪不應該拿的錢,欺壓小百姓。或是得了人家的錢,就要以曲作直,以直作曲,包庇壞人,冤屈好人,或是冤枉殺好人。聲勢越足,作 孽越多。心裏頭高興著,任了性子隨便亂來,覺得快活非常。恐怕糊裏糊塗,一天一天的作孽還來不及,哪里還會想著修行呢?所以講到修行,講到要逃出這個苦惱 世界,只有趕快的念佛。要像來不及的樣子,才能夠修得成功哩!

  況且現在世界上的人心,一天壞一天。作孽的人,一天多一天。所以現在世界上的刀兵災、水災、旱災、火災、瘟疫災,比從前多了幾百倍。幾幾乎沒有 一省地方沒有災,也沒有一個時候沒有災。你們想想看,不要說從前很遠的時代,就在五十年前,是這個樣子麼?各種災難有這樣的多麼?那個時候的人心,那個時 候的風俗,雖然已經不十分好。比了現在的人心、風俗,究竟還好得多哩!現在世界上的人,大半就是五十年前的人投來的。因為五十年前的人心,已經不十分好, 所以投到這個世界上來,受這樣的苦報應。若是照現在的人心,將來世界上的各種災難、瘟疫,還不曉得要比現在多到多少倍哩!將來的報應,還不曉得要苦到什麼 地步哩!所以我勸你們大家趕快的念佛,趕快的求生到西方極樂世界去,逃出這個苦世界罷!

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿