Senin, 25 Juli 2016

Pandangan Benar 21



Pandangan Benar dan Pandangan Sesat
(Bagian 21)

3.     Kesimpulan
Semua yang telah kita bahas sebelumnya, baik mengenai isu kiamat,  maupun jejak dari Bodhisattva Maitreya, adalah berdasarkan sutra yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni, semoga praktisi sekalian meyakini ucapan Buddha Sakyamuni.

Berikut ini adalah kesimpulan yang dapat kita rangkum :

1.    Tidak perlu takut menghadapi kehancuran planet bumi
Seperti yang disebutkan dalam sutra Buddha, dunia menghadapi hari kiamat, planet Bumi mengalami kehancuran, memang merupakan kenyataan. Tetapi peristiwa ini akan terjadi kelak di kemudian hari dan masih lama sekali. Lagi pula alam semesta yang telah musnah akan terbentuk kembali, ini merupakan Hukum Alam, jadi tidak ada yang perlu ditakuti.

2.    Nenek moyang manusia berasal dari Alam Abhassara
Seperti yang tercantum dalam sutra, ketika alam semesta terbentuk kembali, pada permulaan kalpa keberlangsungan, manusia pertama adalah berasal dari Alam Abhassara, jadi bukan dari keturunan kera.

Oleh karena saat baru terbentuk kembali, Planet Bumi masih kosong melompong, Alam Abhassara yang merupakan alam tertinggi dari Alam Jhana kedua di Kamaloka, ada sebagian Dewa yang berkahnya sudah habis, dari kejauhan tampak Planet Bumi yang kosong melompong, sehingga rasa penasaran mereka muncul, lalu mereka beramai-ramai berwisata ke Planet Bumi.

Mereka melihat dari permukaan tanah muncul sumber air yang manis, serupa madu, lalu mencoba mencicipinya, ternyata begitu lezat rasanya, lalu mereka terus mencicipi dan mencicipi lagi, tanpa disadari kemampuan gaib dan cahaya di tubuh mereka jadi hilang, begitu pula dengan rupa surgawi mereka berubah jadi tubuh yang berat dan kasar, lalu ada perbedaan pria dan wanita, tidak bisa kembali lagi ke Alam Abhassara, akhirnya menetap di Bumi dan memulai peradaban kehidupan manusia.     

Dipetik dari :
Ceramah Master Wen Zhu 
Judul : Pandangan Benar dan Pandangan Sesat


正見與邪見
 (二十)

(三)應有正確的認識

以上,關於世界末日,及彌勒菩薩的事蹟,是根據釋迦佛在起世經,起世因本經,阿含經,及彌勒菩薩上生經,下生經,大成佛等經所說,並非本人假設,希望各位深信佛語,對以下問題,獲得正確的啟示。

1‧地球毀滅無需恐懼

根據佛經記載,世界末日,地球毀滅確有其事。但距離現在非常遙遠,絕非發生在逼近的二千零零年。而且是宇宙終而復始的自然定律,無需恐懼。何況當來下生彌勒佛,三會說法,所度眾生,皆是今日在釋尊法中,出家修行,或曾種善根之人。只要我們現在正信佛教,歸依三寶,努力止惡修善,積聚功德,將來必定得見彌勒佛,聞法得度。然則,當此世界進入毀滅階段,我等早已轉凡成聖,超出三界生死,或往生他方佛國,何懼之有?

2‧人類始祖來自天上

據阿含等經記載,天地更始,世界進入住劫之初,人類是從光音天上下來,既非上帝所造,更非亞當夏娃,偷食禁果的成績,亦非猿猴的演變,而是人類業力使然。因為住劫之初,天地更始,空無一物,色界二禪天上的光音天,天福享盡的人,遙見新天地空空蕩蕩,好奇心生,結伴下來人間遊覽。見地湧甘泉,以指取嚐,味如蘇蜜,食之再三,因此失去天人的神通,身光亦隱沒,天資妙色,漸漸變成粗糙的肌膚,生理亦隨之變化,現男女相,清淨禪心,忽起慾念。自此,不能復返天上,流落人間,飲食男女,世代相傳,此即是世界人類的來源。

节录自 :