Selasa, 26 Juli 2016

Pandangan Benar 23


Pandangan Benar dan Pandangan Sesat
(Bagian 23)

3.    Bukti Ilmiah  
Atau ada juga orang yang merasa curiga dan ragu pada kebenaran yang tercantum di dalam sutra Buddha, namun yang jelas, kita tahu bahwa manusia kalau berbohong pasti ada alasannya. Banyak orang yang berbohong demi menutupi kekurangannya, atau demi melindungi ketenaran dan keuntungannya, atau harga dirinya, sehingga terpaksa berbohong, memakai topeng untuk melewati hidupnya.

Sedangkan Buddha Sakyamuni sejak awal telah meninggalkan duniawi, memiliki berkah dan kebijaksanaan yang sempurna, jasa kebajikan yang sempurna, maka itu apa yang dibabarkanNya takkan tercampur dengan ketenaran dan keuntungan pribadi, nafsu keinginan dan khayalan, tetapi tujuanNya murni demi memberi manfaat bagi semua makhluk. Maka itu Sang Buddha mengatakan yang sebenarnya, sejujurnya dan tidak berbohong.

Kebenaran yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni telah dibuktikan secara ilmiah. Contohnya Buddha mengatakan bahwa di dalam semangkok air, terdapat 84 ribu bakteri. Bersamaan itu pula ilmuwan menemukan di alam semesta ini terdapat planet yang jumlahnya tak terhitung, yang mungkin dihuni oleh banyak makhluk; seperti yang diungkapkan oleh Astronot Dr Sally K.Ride, di alam semesta ini terdapat planet yang tak terhitung, teknologi mereka lebih maju daripada bumi, kehidupan yang mereka jalani lebih mulia daripada manusia, merupakan makhluk yang cerdas, makhluk-makhluk ini memenuhi alam semesta.   

Pernyataan ini membuktikan kebenaran yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni, yakni sepuluh penjuru alam adalah tak terhitung jumlahnya, para makhluk juga tak terhitung jumlahnya, dan diantara alam-alam yang tak terhitung, negeri para Buddha, kewibawaan lingkungan alamNya, jauh melampaui apa yang dibayangkan oleh manusia. 

Dipetik dari :
Ceramah Master Wen Zhu 
Judul : Pandangan Benar dan Pandangan Sesat


正見與邪見
 (二十三)

四、科學的見證

或有人懷疑,佛經所說的真實性,但我們當知世人妄語,必有原因。很多人為掩飾個人缺點,或為保持個人的名利與尊嚴,不得不說謊,往往被逼帶著假面具做人。但佛早已脫離世間五欲塵勞,不特福慧具足,功德圓滿,而且智慧深遠,證理究竟;故凡有所說,從不涉及私人名利欲望,純為利益眾生,據理而說。所以佛是真語者、實語者、不誑語、不異語者。

佛的思想與言論,既不違背世態人情,又能啟發人心正智;既可輔助學校與社會教育之不足,又可以糾正哲學界唯心論與唯物論的偏見,更可以挽救科學偏於物質,而忽視人類精神文明所形成的危機。雖然,佛所說的慈悲與佛性,屬於形而上學,非科學家在顯微鏡下可以證明,但顯微鏡卻證明,佛說一缽水中,有八萬四千蟲的話是正確的。同時科學家發現宇宙間有無數星球,其中可能有很多生物存在;如天文學家沙利博士說:宇宙裏有一萬萬世界,是比地球進步,他們過著比較高尚的生活,聰明的人類,充塞於宇宙。此又證明佛說世界無量,眾生無量,而無量世界中,諸佛國土,依正莊嚴,遠超人類的說法屬實。

节录自 :