Rabu, 03 Agustus 2016

Lebih Giat Melatih Diri 03



Momen Untuk Lebih Giat Melatih Diri
Bagian 3

Lantas apa rahasia yang ada di dalam Pintu Dharma Tanah Suci supaya bisa berhasil melatihnya? Tidak ada rahasia apapun didalamnya, hanya mengajari anda bagaimana cara melafalnya, maka anda melafalnya sedemikian rupa.

Hanya dengan melafal “Namo Amituofo” maka sudah dapat berhasil, jadi bukan dengan praktek ilmu lainnya yang sesat. Dapat melafal Amituofo, hatimu adalah Amituofo (Buddha Amitabha), sebaliknya bila belajar ilmu sesat, maka hatimu adalah sesat (Mara).

Ajaran Tanah Suci merupakan ajaran yang sulit dipahami, bukan hanya sulit dipahami oleh kita saja, bahkan sejak dulu hingga sekarang, bahkan orang India sendiri juga sedemikian rupa, maka itu Guru Sesepuh berkata : “Hanya para Buddha yang dapat memahaminya dengan sempurna”.

Sebelum mencapai KeBuddhaan maka sulit memahami Pintu Dharma Tanah Suci. Beribu-ribu kata yang dilontarkan keluar, kesimpulannya tak lain adalah baik-baiklah meyakininya, bila sebaliknya tidak baik-baik menyakininya, nyawa manusia ada pada sehela nafas, meskipun pada akhirnya menyesal dan sadar, namun apa daya, sesal kemudian tak berguna, sudah tidak sempat lagi, seorang ksatria juga harus tahu menghargai dan memanfaatkan waktu!

Seorang praktisi membutuhkan waktu tiga asamkheyakalpa besar untuk mencapai KeBuddhaan, adalah hal yang sulit untuk meraih keberhasilan. Dapat mencapai usia seratus tahun adalah sangat sulit, meskipun bisa mencapai usia seratus tahun, juga bagaimana? Begitu bertumimbal lahir, segala sesuatu sudah terlupakan, masih beruntung kalau masih terlahir jadi manusia, lantas apakah anda juga beruntung bisa bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci?

Tanpa Pintu Dharma Tanah Suci, apakah anda bisa mencapai KeBuddhaan? Keisitmewaan dari Pintu Dharma Tanah Suci adalah meraih keberhasilan pada satu kehidupan sekarang juga, inilah letak perbedaannya dengan pintu Dharma lainnya, pada kehidupan ini juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Di Alam Sukhavati tidak ada tiga alam penderitaan (Alam Binatang, Alam Setan Kelaparan, Alam Neraka), di sana kita meneruskan melatih diri hingga mencapai KeBuddhaan. Pintu Dharma yang dapat mengantar para makhluk keluar dari Triloka (Kamaloka, Rupaloka, Arupaloka) ini, malah ada sebagian orang yang tidak percaya, kalau tidak yakin, bagaimana bisa melatihnya?   

Petikan Ceramah Upasaka Li Bing-nan
Pada Tahun Baru 1979 Masehi
Disusun oleh : Majalah Bulanan Minlun


()

淨土法門有什麼祕密可以成就?沒有什麼祕密,教你怎麼念,你就怎麼念。六個字「南無阿彌陀佛」就可成就,不是什麼妖魔鬼怪。能念阿彌陀佛,你的心就是阿彌陀佛,若學妖魔鬼怪,心就成妖魔鬼怪。淨土難懂之處,不但今日之下我們同學們愚笨不懂,自古以來全球上連印度也如此,所以祖師說:「唯佛與佛乃能究盡。」斷盡根本無明惑才能明了淨土法門,未證佛果前都難了解。千言萬語就是要好好的信,不好好的信,壽命在呼吸之間,再後悔覺悟,時間已來不及了,英雄好漢要識時務啊!

小乘斷見惑之後,成個羅漢要七番生死,成佛則要三大阿僧祇劫,很難成就。能活上一百年很難,即使活了一百歲又算什麼?一輪迴,隔陰之迷,什麼都忘了,算你幸運再成為人,你能遇到淨土法門嗎?少了淨土法門,你怎麼成佛呢?淨土法門的特別是當生成就,與其他法門最大不同就在當生能往生西方,若不生西方就入輪迴。而到西方極樂世界的身分還是凡夫,不是成佛,只是極樂沒有三惡道,較易繼續修學以至成佛。此外,那兒雖有四土,但淨土是橫超法門,一旦橫超,用不著三大阿僧祇劫,就可以成佛。這橫出三界,橫超四土的法門,竟有人不信,不信怎麼修呢?

文摘恭錄 :
正是用功時節
李炳南老居士講述
民國六十八年元旦慎齋堂開示
明倫月刊社整理