Kamis, 14 Juli 2016

Pelafalan Amituofo 32


Pintu Dharma Pelafalan Amituofo
(Bagian 32)

 Maha-ratna-kuta Sutra menyebutkan : “Seluruh Bodhisattva Alam Sukhavati, berdiam pada KeBodhian tertinggi yang tiada taranya, mencapai tingkatan Calon Buddha”.

Amitabha Sutra juga menyebutkan : “Para makhluk yang terlahir di Tanah Suci Sukhavati, semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika, yakni calon Buddha, jumlah mereka banyak sekali, bukan dengan cara menghitung maka bisa mengetahui jumlahnya, hanya boleh dikatakan sebagai tak terhingga dan tanpa batas”.

Begitu banyaknya jumlah Bodhisattva Calon Buddha, yang akan menyebar ke sepuluh penjuru alam, mencapai KeBuddhaan dan menyelamatkan para makhluk dari samsara.

Lankavatara Sutra menyebutkan : “Alam para Buddha di sepuluh penjuru, para Bodhisattva, seluruh Buddha, baik Dharmakaya, Sambhogakaya maupun Nirmanakaya, semuanya adalah muncul dari Alam Sukhavati-nya Buddha Amitayus”.

Dapat diketahui bahwa Alam Sukhavati, bukan hanya berperan sebagai negeri penghasil Bodhisattva Calon Buddha, namun juga sebagai tanah kelahiran sepuluh penjuru Buddha; begitu kita terlahir di Alam Sukhavati, memperoleh manfaat bersua langsung dengan Buddha mendengarkan pembabaran Dharma, berkah dan kebijaksanaan ditimbun sekaligus, mencapai Anutpattika-dharma-ksanti, menjadi Calon Buddha.

Setelah kita menyadari bahwa dengan membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, ternyata ada begitu banyak manfaatnya, sehingga jadi tahu betapa unggulnya Pintu Dharma Pelafalan Amituofo.

Meskipun Buddha Sakyamuni membabarkan 84 ribu pintu Dharma, setiap pintu Dharma juga bisa membebaskan diri dari samsara dan mencapai KeBuddhaan, tetapi harus mengandalkan kekuatan sendiri dan membutuhkan waktu tiga asamkheyakalpa besar barulah bisa berhasil. Kalau rintangan Mara muncul maka akan mengalami kemerosotan batin, begitu kehilangan wujud manusia, maka meskipun puluhan ribu kalpa berlalu namun juga tidak ada jaminan bisa terlahir kembali jadi manusia, jadi betapa bahayanya.

Sedangkan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, meskipun diri sendiri harus tekun melatihnya, namun dengan mengandalkan kekuatan tekad Buddha Amitabha, mendukung dan menjemput, dijamin dalam satu kali kelahiran pasti bisa selamanya keluar dari Triloka, melampaui enam alam tumimbal lahir, mencapai pantai seberang yang paling aman, yang paling suci dan yang paling membahagiakan, menenteramkan jiwa dan raga diri sendiri, kemudian di bawah bimbingan Buddha Amitabha, melatih diri mencapai KeBuddhaan.

Jadi bukan hanya bisa meraih keberhasilan dalam waktu sekejab saja, bahkan merupakan jalan singkat untuk menjauhkan penderitaan, merupakan jalan yang berwibawa dan menakjubkan untuk mencapai KeBuddhaan.    

Dipetik dari :
 Ceramah Master Wen Zhu 
Judul : Pintu Dharma Pelafalan Amituofo


念佛法门
(三十二)

大宝积经说:极乐世界所有菩萨,于无上菩提,皆悉安住,一生补处。佛说阿弥陀经亦说:极乐国土,众生生者,皆是阿鞞跋致,其中多有一生补处,其数甚多,非是算数所能知之,但可以无量无边阿僧祇说。如是众多一生补处菩萨,于十方世界,候补作佛。

楞伽经说;十方诸佛刹,众生菩萨中,所有法报佛,化身及变身,皆从无量寿,极乐界中出。可知极乐世界,不但是一生补处菩萨的盛产国,亦是出生十方诸佛的发源地;我们一生其国,即得见佛闻法,福慧双修,速证无生,补候作佛的利益。

当我们明白求生极乐世界,有这么多的理由和利益之后,就知道念佛法门,是何等的殊胜?虽然,释尊为我们所开示的八万四千法门,门门皆可以入道,门门皆可以解脱生死,圆成佛道。但一定要靠自己个人的力量,如法修持,精进不懈,还要经过三大阿僧祇劫,始登佛位;若然魔障出现,就会退堕,一失人身,万劫不复,实在艰险。

念佛法门,固然也要自己努力,但凭借阿弥陀佛的慈悲愿力,扶持与接引,保证即生可以横出三界,超越六道生死轮回,到达最安全、最清净、也最快乐的地方,安顿自己的身心,然后在无有众苦,但受诸乐的美妙环境中,跟随著诸上善人,进修佛道,不但事半功倍,简直是离苦的捷径,成佛的妙庄严路。

节录自 :