Kamis, 06 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 20


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 20

Bahaya dari Tumimbal Lahir
Ada orang yang bertanya padaku, mengapa hidup dunia ini sungguh menderita?

Saya menjawab : Oleh karena manusia di dunia ini pada masa kelahiran lampaunya melakukan karma buruk, maka itu sekarang menerima balasannya. Tetapi pada masa kelahiran lampau karma buruk yang diperbuat tidak begitu berat, makanya akibat karma yang diterima sekarang juga tidak begitu berat.

Mengapa dikatakan tidak begitu berat? Oleh karena masih bisa terlahir jadi manusia, kalau karma buruk yang dilakukan ternyata begitu berat, maka bisa saja jatuh ke alam binatang.

Lantas ada pula yang bertanya padaku, kalau dikatakan manusia pada masa kelahiran lampaunya melakukan karma buruk, kenapa sekarang ada pula manusia yang terlahir jadi orang kaya dan berkedudukan tinggi?

Saya menjawab : Orang kaya dan berkedudukan tinggi, selain tidak melakukan karma buruk yang berat, mereka juga menimbun berkah, maka itu pada masa kehidupan sekarang jadi orang kaya dan berkedudukan tinggi.

Walaupun kaya dan berkedudukan tinggi, namun juga tak terhindarkan dari delapan jenis penderitaan, sedangkan kebahagiaan Alam Sukhavati, satupun tidak dapat dinikmati.

Maka itu meskipun lebih lumayan daripada jatuh ke alam binatang, tapi kebahagiaan yang diperoleh tidaklah sempurna. Kebahagiaan sejati hanya bisa diperoleh di Alam Sukhavati.

Lagi pula jaman sekarang ini orang kaya dan berkedudukan tinggi justru lebih mudah menciptakan karma buruk, sehingga pada masa kelahiran mendatang, bukan saja tidak bisa terlahir sebagai orang kaya, bahkan untuk terlahir jadi manusia kembali merupakan hal yang mustahil.

Begitu kehilangan raga manusia, tidak tahu harus menunggu sampai kapan barulah bisa terlahir kembali jadi manusia. Oleh karena kita telah memperoleh kesempatan terlahir sebagai manusia maka lekaslah melatih diri. Melatih diri sampai berhasil mencapai Alam Sukhavati, selamanya takkan bertumimbal lahir lagi.

Ada orang yang bertanya : Pada masa kelahiran ini, saya tidak melatih diri dan juga tidak melakukan karma buruk. Pada masa kelahiran mendatang, apakah saya masih bisa terlahir kembali jadi manusia, takkan jatuh ke alam binatang? Jadi meskipun pada masa kelahiran sekarang saya tidak melatih diri, mungkin kelahiran berikutnya saya baru memulai melatih diri, masih sempat bukan?”

Saya menjawab : Menabur benih terlebih dulu, maka memetik buahnya terlebih dulu. Pada masa kelahiran sekarang anda berkesempatan terlahir jadi manusia, entah pada masa kelahiran yang mana anda telah menimbun berkah sedemikian rupa.

Mungkin pada dua masa kelahiran lampaumu, atau pada tiga masa kelahiran lampaumu telah menimbun berkah sehingga pada masa kelahiran sekarang berkesempatan jadi manusia.

Meskipun pada kelahiran sekarang anda bilang tidak melakukan karma buruk, tetapi bagaimana dengan kelahiran-kelahiran yang lampau? Kalau ada menanam benih alam binatang pada masa kelahiran lampau maka pada masa kelahiran mendatang akan jatuh ke alam binatang.

Perlu anda ketahui bahwa begitu jatuh ke alam binatang, maka tidak ada orang yang akan menyampaikan Dharma kepadamu, sehingga anda tidak tahu melatih diri.

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
(二十)

輪回之險

有人問我道:為什麼這個世界上,這樣的苦?

我回答他道:因為這個世界上的人,前世都作了孽,所以今世都生到這個世界上來受種種的苦報應。不過前世所作的孽,還不很重。所以今世所受的報應,也還不很重。為什麼還算不很重呢?因為我們究竟還投到了一個人的身體。倘然前世罪孽很重,今世恐怕就要投做牛馬豬狗了。

又有人問我道:你說我們投到這個世界上來做人,都是前世作了孽。我問你那些大富大貴的人,也是前世作了孽的麼?前世作了孽,怎麼今世還能夠大富大貴呢?

我回答他道:那些大富大貴的人,雖然是前世沒有作大孽,還修了些福,所以今世能夠大富大貴。不過投到這個世界上來,儘管大富大貴,我前邊所說的 八種苦,還是不能夠免掉。我前邊所說西方極樂世界種種的好處,還是不能夠享到。所以雖然比了投畜生好得許多,究竟還不見得十分好。若是十分好的,就到西方 極樂世界去了。況且今世大富大貴了,更加容易作孽。今世若是多作了孽,恐怕下一世不獨是不能夠大富大貴,還恐怕要投不著人身哩!一個人一失了人身,不曉得 哪一世才能夠再得著人身。所以我們既然得了人身,必定要快快的修行。修到了西方極樂世界去,就不會失掉這個人身了。

又有人問我道:我今世雖然沒有修行,我也並沒有作孽。我下一世,仍舊可以投得著人身的,不會投畜生的。並且我今世不修,下一世去修,也還來得及的。

  我回答他道:先下種子的,先得著結果。你今世得著的人身,不曉得是你哪一世修來的報應。或者是你前二世、或是前三世的報應。等到你下一世,或者要報應 你前二世、或是前一世所做的事情了。你今世雖然沒有作什麼孽,照你今世講起來,下一世應該不致於投畜生。不過不曉得你前二世、前一世的做人,是怎麼樣的? 或者你前二世、前一世做人的報應,要投畜生呢?倘然你下一世投了畜生,怎麼樣呢?你要曉得,投了畜生,就沒人來同你講修行的話,就沒有人來勸你修西方極樂 世界去的好處了。到了那個時候,你就不會曉得要修行了。就是曉得,也不會曉得修行的法子了。這是下一世投畜生的說法,是向不好的一邊說的。我再向好的一邊 說給你聽聽。


文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿