Kamis, 21 Juli 2016

Mengenal Kalpa Bgn 3



Mengenal Kalpa
(Bagian 3)

2.    Kalpa Keberlangsungan (Vivatasiddha-kalpa)
Kalpa ini merupakan kalpa yang aman untuk mempertahankan keberlangsungan hidup. Lamanya juga 20 kalpa kecil. Pada kalpa kecil yang ke-9, ketika usia manusia berkurang hingga tersisa 50 ribu tahun, Buddha di urutan pertama dari Bhadra-kalpa, yakni Krakucchanda Buddha muncul di dunia; ketika usia manusia berkurang hingga jadi 40 ribu tahun, Buddha di urutan kedua dari Bhadra-kalpa, yakni Kanakamuni Buddha muncul di dunia; ketika usia manusia berkurang hingga jadi 20 ribu tahun, Buddha di urutan ketiga dari Bhadra-kalpa, yakni Kasyapa Buddha muncul di dunia; ketika usia manusia berkurang hingga cuma tersisa 100 tahun saja, Buddha di urutan keempat dari Bhadra-kalpa, yakni Sakyamuni Buddha muncul di dunia.

Pada kalpa kecil yang ke-10, ketika usia manusia kembali bertambah hingga mencapai 80 ribu tahun, Buddha di urutan ke-5 dari Bhadra-kalpa, Maitreya Buddha muncul di dunia.

Pada kalpa kecil ke-15, Buddha di urutan ke-6 dari Bhadra-kalpa, Simha Buddha dan para Buddha lainnya yang keseluruhannya berjumlah 994 Buddha, akan muncul di dunia secara berturut-turut, membabarkan Dharma dan menyelamatkan para makhluk.   

Pada kalpa kecil yang ke-20, pada kalpa penambahan usia, Buddha Rudita muncul di dunia, sehingga menyempurnakan jumlah seribu Buddha.


3.    Kalpa Kerusakan (Samvarta-kalpa)
Juga disebut sebagai kalpa kehancuran. Lamanya juga 20 kalpa kecil. Seperti ketika bencana api muncul, akan menghancurkan hingga Alam Jhana Pertama.

Dari Alam Neraka sampai Brahmaloka, setelah melewati 19 kalpa kecil, para makhluk akan mengalami kemusnahan total. Yang tersisa hanyalah alam terbuka yang lapang dan kosong, pada kalpa yang terakhir, yakni kalpa kecil yang ke-20, barulah merusak atau memusnahkan alam.

Selama tujuh hari lautan jadi kering sehingga tampak dasar lautnya, Gunung Sumeru runtuh, angin berhembus ganas, membakar hingga ke Brahmaloka, semuanya berubah jadi abu; bahkan tiga ribu maha ribu dunia juga dalam waktu singkat musnah terbakar.

(Brahmaloka menunjuk pada Alam Jhana Pertama)


4.    Kalpa kosong (Samvartasiddha-kalpa)
Lamanya juga 20 kalpa kecil. Setelah kalpa kehancuran berlalu, dari Alam Jhana Pertama ke bawah (hingga Neraka), semuanya jadi kosong, ibarat lubang yang gelap gulita, tidak ada siang dan malam, mentari dan rembulan, yang ada hanya gelap gulita, inilah yang disebut kalpa kosong.





    二、住劫。住劫者,謂世界安住也。有二十小劫。第九小劫,人壽減至五萬歲時,第一拘留孫佛出世;減至四萬歲時,第二拘那含牟尼佛出世;減至二萬歲時,第三迦葉佛出世;減至一百歲時,第四釋迦牟尼佛出世。第十小劫,人壽減至八萬歲時,第五彌勒佛出世;第十五小劫,於減劫中,第六師子佛乃至欲樂佛,凡九百九十四佛相繼出興,說法度人。第二十小劫,於增劫中,樓至佛出世,滿足一千也。已上二十小劫,皆悉一增一減,名為住劫。
   
(梵語拘留孫,華言所應斷。梵語拘那含牟尼,華言金色仙。梵語迦葉,華言飲光。梵語釋迦牟尼,華言能仁寂默。梵語彌勒,華言慈氏。梵語樓至,華言愛樂。)
   
三、壞劫。壞劫者,謂世界壞減也。有二十小劫。如火災起時,壞至初禪天。始從地獄,終至梵天,有情眾生,經十九增減劫,次第壞盡。唯器世間空曠而住,乃至一切有情都盡,最後一增減劫,方壞器世間。有七日從海底出,大海盡竭,須彌崩壞,風吹猛燄,燒上梵天,悉成灰燼;乃至三千世界一時燒盡,名為壞劫。

    (器世間者,世界如器故也。梵天,即初禪天也。三千世界者,小千、中千、大千也。)
   
四、空劫。空劫者,謂世界空虛也。有二十小劫。壞劫之後,自初禪梵世已下,世界空虛,猶如墨穴,無晝夜日月,唯大黑暗,名為空劫。