Rabu, 12 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 45


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 45

Menfokuskan Diri Melafal Amituofo

Ada pula yang bertanya : Manfaat dari belajar Ajaran Buddha sangat bagus dan saya telah memahaminya. Tetapi saya dengar kata orang bahwa untuk mencapai KeBuddhaan perlu belajar Dhyana. Jadi apakah selain melafal Amituofo kita juga mesti melatih metode Dhyana?

Saya menjawab : Untuk mencapai KeBuddhaan, metodenya memang banyak, tetapi metode Sukhavati lebih praktis dan mudah, juga lebih aman, mudah untuk mencapai keberhasilan. Supaya seluruh manusia di dunia ini bisa berhasil maka itu menasehati praktisi sekalian agar melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Meskipun metode Dhyana itu bagus, tetapi melatih Dhyana adalah sepenuhnya mengandalkan kekuatan diri sendiri. Sedangkan melafal Amituofo adalah mengandalkan kekuatan Buddha Amitabha.

Ditinjau dari segi mudah dan sulit, maka kedua metode ini bedanya jauh sekali, bagaikan langit dan bumi, melatih metode Dhyana belum tentu bisa berhasil pada satu masa kehidupan ini, maka ini akan menyia-nyiakan ketrampilan yang dilatih sepanjang hidup.

Bahkan ditakutkan orang yang batinnya tidak terlalu suci malah akan kerasukan Mara. Kalau sudah begini maka bukan saja tidak berhasil mencapai KeBuddhaan malah akan jatuh ke dalam kesengsaraan.

Mengapa demikian? Oleh karena begitu kerasukan Mara, maka jiwa sejati jadi tersesat, bicara sembarangan dan membabi buta.

Kalau sudah begini, orang lain yang tidak punya pandangan benar, malah percaya pula pada orang yang bicara sembarangan ini, masuk ke dalam perangkap, betapa beratnya dosa begini.

Maka itu melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati merupakan metode yang paling aman.

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
(四十五)

專修念佛
 
 這個人又問我道:修佛的好處,好到沒有再好的了,我也明白了。不過我聽見說,修成佛的法子,還有一種叫做參禪。(參禪的道理,說起來,很不容易 懂的。所以我不說了,你們也不必求懂得他了。)為什麼你專門教我念阿彌陀佛,修生到西方極樂世界去的法子,為什麼不教我參禪的法子呢?

  我回答他道:修成佛的法子,確是很多的。並且還有那教宗、律宗、密宗,種種的法子(這都是很深很難的,我也不詳細說了,你們也不必求懂得他 了),也都可以得道的。不過總不及那念佛修生到西方極樂世界去的法子,又簡便,又穩當,容易成功。我要世界上的人,都修成功,所以勸你們大家修這個念佛求 生到西方極樂世界去的法子。

  那參禪的法子,雖然也是很好的。不過參禪是全仗自己的力量的。比了那念佛,依仗阿彌陀佛的力量。哪一種難,哪一種容易,就相隔得很遠,像天同了 地相隔一樣的遠了。恐怕一世裏頭,不能夠修成,那就白白的費了許多功夫了。並且還恐怕心裏頭不十分清淨的人,或者反著了魔。那就不獨是不能夠修成佛,反要 墮落受苦了。為什麼呢?因為一經著了魔,就要迷失本來的心性,隨便亂來,瞎說瞎話。那些沒有真見識的人,就會上他的當,那麼罪孽很重了。所以我把念佛修生 到西方極樂世界去的最穩當法子,來教你們的。

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿