Sabtu, 08 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 32


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 32

Masih ada satu hal lagi yang penting, seorang praktisi saat menjelang ajal, selain diri sendiri harus melafal Amituofo, keluarga juga harus membantunya melafal Amituofo, jangan malah menangis.

Oleh karena ketika seseorang baru meninggal dunia, alaya-vijnana (bahasa umum : roh) masih belum meninggalkan tubuh kasarnya, kalau anggota keluarganya menangis, dia bisa melihat dan mendengarnya.

Mendengar suara tangisan keluarganya tentunya akan membuat dia jadi tidak ikhlas, sehingga batinnya begitu kacau dan tidak sanggup menfokuskan pikiran melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, dikhawatirkan malah akan jatuh ke alam penderitaan.

Maka itu kalau tidak bisa menahan diri dan ingin menangis, itupun harus menunggu sampai sekujur tubuh almarhum menjadi dingin, barulah boleh menangis, supaya dia tidak mendengar dan melihatnya. Hal ini hendaknya diingat.    

Apabila pasien baru meninggal dunia, janganlah langsung dimandikan dan digantikan pakaian, menyentuhnya atau memindahkannya, oleh karena bila disentuh atau dipindahkan jasadnya, dia akan merasa begitu tersiksa.

Hanya saja dia sudah tidak bisa berbicara, tetapi di batinnya muncul api kebencian, dia amat marah sekali. Begitu amarahnya berkobar, dia gagal terlahir ke Alam Sukhavati.

Yang ditakutkan adalah begitu api kebenciannya berkobar langsung jatuh ke Alam Binatang menjadi ular berbisa atau hewan buas lainnya, bukankah ini sudah mencelakainya?

Maka itu terhadap orang yang baru meninggal dunia, orang-orang yang berada di sampingnya, baik ayahbunda, abang adik, atau istri dan putra-putrinya, atau sahabat-sahabatnya, atau sesama praktisi, semestinya membantunya melafal Amituofo, supaya dia bisa terlahir ke Alam Sukhavati.

Janganlah malah menggerakkan atau memindahkan jasadnya ketika pasien baru meninggal dunia, atau langsung memandikan dan menggantikan pakaiannya, sehingga almarhum jadi marah dan gagal terlahir ke Alam Sukhavati.

Dengan melakukannya secara benar barulah bisa membantu almarhum, barulah benar-benar telah memberinya manfaat besar.

Sedangkan yang dilakukan oleh orang-orang di dunia ini sekarang, dari penampilan luar tampaknya baik, tetapi sesungguhnya apa yang mereka lakukan malah sedang mencelakai almarhum, membuatnya benar-benar sengsara!

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
(三十二)

  還有一件事情,也是最要緊的。一個人臨死的時候,自己一定要念阿彌陀佛。家裏頭的人,也要幫了他,抬高了聲音,大家一同念阿彌陀佛,千萬哭不 得。因為一個人才死的時候,魂靈還沒有去遠,家裏頭人哭的聲音都還聽得見。他聽到了家裏頭人哭的聲音,就不免有些捨不得的意思,他的心就要亂了,就不能夠 一心向西方極樂世界去了,就恐怕要落到別的地方去了,或是仍舊投了人身,或是落到鬼道那邊去了,那是反害了他了。所以家裏頭的人就是要哭,也要等到這個死 人的身體冷透了再哭,那麼他就聽不見了。這句話大家都不可以不記著的。

  還有一層,人剛剛死的時候,萬萬不可以就替他揩身體,換衣服。因為搬動了他的身體,他的心裏頭,就覺得很難受的。口裏頭雖然不會說,他的心裏 頭,一定是很發火的,很怨恨的。那剛剛死的人,一發了火,一動了怨恨心,就不能夠生到西方極樂世界去了。並且還怕因為發了火,動了怨恨心,就墮落到毒蛇惡獸那邊去了,那不是大大的害了他麼?所以對了新死的人,在旁邊照應死人的人,或是父母兄弟,或是妻室兒女,或是朋友,或是一同念佛的人,總要幫助他一同念 佛,可以使得他生到西方極樂世界去。萬萬不可以沒有死定,先揩他的身體,換他的衣服,使得死的人發了火,生了怨恨心,就不能夠得著生到西方極樂世界去的好 處。你們若是碰到自己人,或是親戚朋友死了,能夠依我這樣的話,才算同死的人真正的要好,真正的照應。像現在世界上的人所做的,看了像是要好,實在是害了 死的人,使得他苦上加苦哩!

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿