Sabtu, 06 Agustus 2016

Lebih Giat Melatih Diri 06



Momen Untuk Lebih Giat Melatih Diri
Bagian 6

Akar dari samsara adalah niat pikiran, kalau tidak ada niat pikiran pasti takkan ada samsara, asalkan mengenyahkan niat pikiran maka KeBuddhaan akan tercapai. Tetapi masalahnya setiap orang mempunyai pikiran.

Ajaran Buddha ditujukan untuk menyembuhkan penyakit batin kita, kalau tidak sakit maka tidak diperlukan obat, penyakit apa yang diderita oleh para makhluk? Yakni penyakit mengkhayal. Apabila praktisi sekalian sudah tidak mengkhayal lagi, maka ini sudah berhasil, juga tidak perlu datang mendengar ceramah lagi.

Tidak melafal Amituofo masih lumayan, tetapi begitu melafal Amituofo, maka khayalan pun segera bermunculan. Mengetahui bahwa khayalan (bentuk-bentuk pikiran) adalah akar dan sumber dari samsara, penduduk Planet Bumi tidaklah banyak, dapat mengetahuinya sudah bagus.

Setelah mengetahui bahwa khayalan merupakan akar samsara, maka janganlah mengkhayal lagi, juga merupakan hal yang mustahil untuk bisa melakukannya. Bukan hanya anda yang mustahil bisa melakukannya, bahkan seluruh penduduk Planet Bumi juga tidak sanggup mewujudkannya.

Buddha Dharma terdiri dari banyak pintu Dharma, namun hanya sepatah Amituofo yang paling menakjubkan, begitu di hatimu timbul niat pikiran, asalkan melafal Amituofo maka sudah berhasil.           

Begitu khayalan muncul langsung melafal Amituofo, ini merupakan sepatah kalimat yang paling penting untuk mencapai KeBuddhaan, praktisi Tanah Suci yang percaya pada kalimat ini tidaklah banyak, maka itu masih mencari-cari apakah ada metode lainnya yang lebih sakti. Mengira bahwa siang malam cuma melafal Amituofo, kalau tidak menambah metode lainnya, rasanya masih kurang.

Akibatnya, ketika bertemu saat kritis, sepatah Amituofo jadi tidak efektif, hanya harta kekayaan yang jadi berguna. Kalau sudah demikian halnya, maka Buddha Amitabha adalah Buddha Amitabha, sementara kamu adalah kamu.  

Sepatah Amituofo adalah sutra Buddha, dan sepatah Amituofo adalah raja mantra. Dharmakaya Buddha Amitabha ada di mana-mana, tiada tempat yang tanpa kehadiranNya, tetapi orang awam tidak dapat melihatNya.

Sesungguhnya sepatah Amituofo memiliki manfaat terunggul yang tak terhingga dan tanpa batas, asalkan mulut melafal dan telinga mendengar suara lafalan, lama kelamaan ketrampilan akan jadi mahir.

Petikan Ceramah Upasaka Li Bing-nan
Pada Tahun Baru 1979 Masehi
Disusun oleh : Majalah Bulanan Minlun


()

生死根本就是念頭,沒念頭就絕對沒生死,所謂:「但盡凡情,別無勝解。」只要把念頭去了就成佛了。可是人人都有心,只要起念頭就有心,心識的作用就是見惑,是心的影子並非真心,若把心影當作是你,就不知真心。佛經三藏十二部都是方便法,給我們治病的,不生病則用不著藥,眾生有什麼病呢?打妄想的病。諸位若都不打妄想,就成功了,也用不著聽經。不念佛還好,一念佛妄想就起來。知道妄想是生死的本源者,全球上的人不多,能知道就不錯了。知道妄念為生死根本後,就要不打妄想,也辦不到。不但你辦不到,全球的人皆辦不到。佛法歸元無二路,方便有多門,其他方便法好麻煩,阿彌陀佛這一句話太巧妙了,你心一起念頭,只要念阿彌陀佛就成功了。

妄念一起就念佛,這是成佛最要緊的一句話,修淨土的人深信者不多,還想有沒有其他更巧的法子。以為成天念阿彌陀佛,沒念別的,這有什麼意思?遇到關鍵時刻,佛號都沒用處了,只有黃金美鈔有用處。如此,阿彌陀佛仍是佛,你仍是你。佛的名字就是經,而「阿彌陀佛」這四個字是祕密不翻的咒王。阿彌陀佛的法身,無處不現身,可是凡夫看不見。其實念佛就是念佛的法身,佛號萬能極了,只要口念耳聽心清楚,久久功夫自然成熟。

文摘恭錄 :
正是用功時節
李炳南老居士講述
民國六十八年元旦慎齋堂開示
明倫月刊社整理