Selasa, 19 Juli 2016

Pandangan Benar 06



Pandangan Benar dan Pandangan Sesat
(Bagian 6)

 Bab 3. Petunjuk dari Pandangan Benar

Mengenai petunjuk dari pandangan benar Ajaran Buddha, berikut ini ada tiga poin untuk menjelaskannya :

1.    Fakta dari isu kiamat
Sutra Buddha menyebutkan : Para makhluk tak terhingga, alam juga tak terhingga, dan diantara alam yang tak terhingga, para makhluk yang tak terhingga, segala sesuatu yang memiliki wujud atau rupa adalah tidak kekal.

Kehidupan manusia tidaklah kekal, maka itu waktu tidak berhenti berputar, proses lahir, tua, sakit dan mati, bertumimbal lahir tanpa henti. Benda mati juga tidak kekal, mengalami proses muncul, berlangsung, berubah dan musnah, mengalami siklus yang tiada henti.  

Dunia tidak kekal, setiap saat berubah tanpa henti, mengalami proses pembentukan, berlangsung, rusak dan kosong, mengalami siklus tanpa henti. Ketika dunia baru terbentuk, memberi kehidupan kepada makhluk hidup, segalanya masih begitu alamiah dan indah. Tetapi bahan material yang membentuk alam, yakni unsur tanah, air, api dan angin, mengalami perubahan tanpa henti, sehingga keadaan alam pun ikut berubah; selain itu lingkungan alam juga mengalami perusakan dari manusia, kian hari kian menua, akhirnya kerusakan tersebut sudah di ambang batas, terjadilah apa yang disebut dengan kiamat.

Ketika bumi menghadapi hari kiamat, manusia harus mencari tempat hunian di planet lainnya, cepat lambat bumi akan musnah dan lenyap.

Seperti gedung pencakar langit di Hong Kong yang sudah tua usianya, harus dirobohkan dan dibangun kembali, gedung baru kemudian akan menjadi tua, dan dirobohkan lalu dibangun lagi, demikianlah siklus ini berjalan tanpa henti.

Demikianlah pula dengan dunia ini, akan terus mengalami siklus pembentukan, berlangsung, rusak dan kosong, kemudian proses ini berulang terus, setiap tahapan akan melewati 20 kalpa kecil lamanya.

Catatan :
20 kalpa kecil = 1 kalpa menengah
4 kalpa menengah = 1 kalpa besar
4 kalpa menengah mencakup proses “pembentukan, berlangsung, rusak dan kosong” = 1 kalpa besar

Dipetik dari :
Ceramah Master Wen Zhu 
Judul : Pandangan Benar dan Pandangan Sesat


正見與邪見
 ()

三、正見的啟示

關於佛教正見的啟示,可分以下三點來說明:

(一)世界末日的真相

佛經說:眾生無量,世界無量,而無量世界,無量眾生中,凡是有形象的東西,皆是無常。人生無常,故歲月不停留,生老病死,輪迴不息。物質無常,故念念遷謝,生住異滅,循環不已。世界無常,剎那不停,成住壤空,終而復始。當世界初成,供給萬物棲止,一切自然美好。但製造世界的原料——地、水、火、風,卻不斷互相衝擊,使世界發生變化;其中一切自然環境,生態現象,亦受人事及科學廢物影響,日漸衰老,終會變壞,壞極時刻,就是世界末日。

當世界面臨末日,人類必須轉移其他世界居住,地球終於毀滅。如香港的危樓拆建,除舊建新,新又變舊,舊又拆建,如是循環不息。世界亦然,成、住、壞、空,終而復始,其間由成而住、而壞.而空、各皆經歷二十小劫的長時間。

节录自 :