Rabu, 13 Juli 2016

Pelafalan Amituofo 23


Pintu Dharma Pelafalan Amituofo
(Bagian 23)

 Praktisi pelafal Amituofo ingin terlahir pada Bunga Lotus tingkatan teratas juga harus membangkitkan tiga jenis hati, yakni :
1.      Hati yang tulus sepenuhnya
2.     Hati yang mendalam
3.     Hati yang melimpahkan jasa dan mengikrarkan tekad


Hati yang tulus sepenuhnya adalah Bodhicitta yakni hati yang bertekad mencapai KeBuddhaan, yang juga merupakan hati yang terfokus melafal Amituofo.   

Hati yang mendalam adalah hati yang menimbun jasa kebajikan yang tak terhingga, yang juga merupakan hati yang melatih Enam Paramita, hati yang berniat menyelamatkan para makhluk, yakni dengan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo menasehati insan lainnya agar ikut melafal Amituofo.

Tekad agung yang tak terhingga, disebut sebagai hati yang melimpahkan jasa dan mengikrarkan tekad; yang juga merupakan jasa kebajikan ke arah atas, bertekad mencapai KeBuddhaan, ke arah bawah, bertekad menyelamatkan para makhluk, melimpahkan jasa dan mengikrarkan tekad, bertekad dengan seluruh makhluk, bersama-sama lahir ke Alam Sukhavati.

Maka itu Amitayurdhyana Sutra menyebutkan : “Mereka yang terlahir pada Bunga Teratai tingkatan teratas, adalah para praktisi yang mengikrarkan tekad terlahir ke Negeri Buddha Amitabha, membangkitkan tiga jenis hati, yakni yang pertama adalah hati yang tulus sepenuhnya, yang kedua adalah hati yang mendalam dan ketiga adalah hati yang melimpahkan jasa dan mengikrarkan tekad”.

Maka itu dapat diketahui bahwa Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, dibilang sulit juga tidak sulit, cocok bagi yang memiliki kebijaksanaan tertinggi maupun yang tidak cerdas, baik yang sibuk maupun senggang, baik anggota Sangha maupun umat awam, tua dan muda; dibilang mudah juga tidak mudah, harus sempurna akan tiga bekal, yakni yakin, bertekad dan melafal Amituofo, selain itu juga harus mengamalkan sila menimbun kebajikan, membangkitkan tiga jenis hati, menimbun Tiga Berkah Karma Suci, selain menjalankan pelaksanaan utama dan pelaksanaan pendukung, juga lebih harus melimpahkan jasa dan mengikrarkan tekad, barulah bisa berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Maka itu setiap kali setelah selesai melafal Amituofo, kita melakukan pelimpahan jasa atau penyaluran jasa.

Dipetik dari :
 Ceramah Master Wen Zhu 
Judul : Pintu Dharma Pelafalan Amituofo


念佛法门
(二十三)

但我们欲想上品上生,还要发三心。三心是:一至诚心,二深心,三回向发愿心。直心正念真如,名至诚心;即发菩提心,上求佛道,亦即专心念佛。积聚无量功德,是名深心;即广修六度万行,下化众生,亦即以念佛法门,劝进行者。宏愿无尽,名回向发愿心;即以上求下化的功德,回向发愿,愿与众生,同登极乐。故观无量寿佛经言:上品上生者,若有众生,愿生彼国者,发三种心,一者至诚心,二者深心,三者回向发愿心。

综上可知,念佛法门,说难不难,上智下愚,忙碌清闲,僧俗皆可,老少咸宜;说易不易,必须具足信愿行三种资粮的正行外,还要持戒修善,发三心,修三福,作为助行。具足正助二行之外,更要发愿回向,然后可以决定往生。

所以,我们无论是打佛七,或是平常念佛,最后一定要回向。

节录自 :