Jumat, 22 Juli 2016

Pandangan Benar 10



Pandangan Benar dan Pandangan Sesat
(Bagian 10)


 Ketika alam semesta mengalami kehancuran, Langit dan Bumi sudah tidak terdapat makhluk hidup lagi, tiga bencana besar akan terjadi secara berturut-turut. Yang pertama adalah bencana api, muncul tujuh buah matahari, air sungai dan laut mengering, kobaran api menjulang hingga mencapai Brahmaloka; ke arah bawah hingga mencapai Neraka Avici, ke arah atas hingga mencapai Alam Jhana Pertama, seluruh pegunungan, sungai, daratan, termasuk istana Alam Surga di Kamaloka, juga akan jadi abu. Disusul kemudian bencana air, segalanya akan hanyut dan ditenggelamkan oleh bencana air. Yang terakhir adalah bencana angin, segala sesuatu saling bertubrukan dan hancur menjadi debu.



1.    Jejak Bodhisattva Maitreya
Ketika dunia memasuki tahap keberlangsungan, pada kalpa kecil yang ke-10, saat usia manusia mencapai 84 ribu tahun, yang berjarak dari waktu sekarang adalah 5,67 miliar tahun lagi, Bodhisattva Maitreya akan terlahir di dunia ini.

Di sini kita membagi topik pembahasan menjadi 6 poin, untuk memperkenalkan jejak dari Bodhisattva Maitreya.


1.    Asal Usul Nama Bodhisattva Maitreya
Nama lain dari Bodhisattva Maitreya adalah Bodhisattva Ajita, yang bermakna tiada yang dapat mengungguliNya. Oleh karena hati maitriNya yang sangat luas, tidak ada seorang pun manusia yang dapat mengungguliNya.   

Bodhisattva Maitreya disebut pula sebagai bermarga Ci (Maitri), oleh karena sewaktu Beliau menjadi praktisi pemula, Beliau melatih hati maitri, maka itu mengambil Ci (Maitri) sebagai margaNya, hingga akhirnya kelak ketika mencapai KeBuddhaan, margaNya juga Ci (Maitri).

Dipetik dari :
Ceramah Master Wen Zhu 
Judul : Pandangan Benar dan Pandangan Sesat


正見與邪見
 ()

當器世間開始變壞,天地之間已無生物,大三災次第而起。先起火災,人間出現七個太陽,河海乾枯,大火驟起,焚燒人間天上;下自無間地獄,上至初禪天上,於其中間,一切山河大地,包括欲界之天宮,悉皆焚毀。其次水災發生,下自無間地獄,上至色界二禪天,其中天地萬物,皆為大水浸瀾。最後風災起,下自無間地獄,上至色界,第三禪天,人間天上,皆為大風所飄,互相撞擊,碎為微塵。在俱舍論說:地球毀滅時,每經七次火災,然後一次水災。如是經過七次水災,還有七次火災。最後風災起時,宇宙萬物,諸天宮殿,悉皆破壞,世界全毀,進入空劫。空劫過後,又是成劫,住劫,如是成、住、壞、空,終而復始,循環不已。

(二)彌勒菩薩的事蹟

當時間巨輪進入住劫中第十小劫,人壽增至八萬四千歲時,距今五十六億七千萬年之後,彌勒菩薩,即降生人間。現分六點介紹彌勒菩薩的事蹟。

1‧彌勒菩薩得名之由

彌勒,亦名彌帝隸,或梅旦麗藥,或梅達唎曳,皆是梵文MAITREYA的譯音。意譯慈氏,又名阿逸多,譯無能勝。因其慈心廣大,無人能勝故。或言彌勒是姓,阿逸多是名,或謂阿逸多是姓,彌勒是名,諸經所說不一,但無論是姓是名,皆不離慈,因其自初發學佛,歷劫修慈,故以慈為姓名,直至將來成佛,亦名慈氏。

节录自 :