Jumat, 07 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 26


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 26

Sebelumnya telah dibahas bahwa Lima Sila hampir serupa dengan Sepuluh Kebajikan, sesungguhnya apa isi Lima Sila tersebut? Yaitu :
1.    Tidak Membunuh
2.    Tidak Mencuri
3.    Tidak Berzinah
4.    Tidak Berdusta
5.    Tidak mengkonsumsi minuman keras

Tidak membunuh, tidak mencuri dan tidak berzinah dikelompokkan dalam Kaya-kamma pada Sepuluh Kebajikan (Dasa Kusala Karma) yang telah kita bahas sebelumnya.

Tidak berbohong, tidak menfitnah, tidak merayu, tidak berkata kasar, merupakan kelompok Vaci-kamma pada Sepuluh Kebajikan, pada Lima Sila disimpulkan menjadi satu sila yakni “Tidak Berdusta”.

Dengan demikian bisa dilihat bahwa Lima Sila hampir serupa dengan Sepuluh Kebajikan.  
 
Mengenai sila tidak minum arak, seseorang yang telah mengkonsumsi arak akan mabuk dan bertindak di luar kesadaran, ini berasal dari moha (kebodohan), akibat mabuk lalu memaki orang lain, jadilah benih dosa (kebencian), oleh karena mabuk lalu timbul nafsu indria dan ingin merampas harta orang lain, ini juga merupakan benih lobha (tamak). Jadi sebutir sila “tidak minum arak” dari Lima Sila, bisa melanggar sekaligus 3 butir sila dari Sepuluh Kejahatan yakni Lobha, Dosa dan Moha.

Jadi kalau bisa mengamalkan Lima Sila juga bersamaan telah mengamalkan Sepuluh Kebajikan, karena sudah hampir serupa.

Tetapi kalau cuma bisa mengamalkan Sepuluh Kebajikan dan tidak tahu melafal Amituofo, maka tidak bisa keluar dari Triloka. Kalau hanya mengamalkan Lima Sila tapi tidak tahu melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati, maka juga tidak bisa keluar dari Triloka.  

Maka itu baik Lima Sila maupun Sepuluh Kebajikan juga harus diamalkan, dan yang paling penting adalah melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati. Ini amat penting, hendaknya diingat di hati.

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



(二十六)

  我前邊所說的,守五戒,同了修十善業差不多的。究竟是什麼道理哩?我先把什麼叫做五戒,說給你們聽。五戒,就是戒殺生、戒偷盜、戒邪淫、戒妄 語、戒飲酒。這殺生、偷盜、邪淫三種,就是十惡業裏頭的三種身業。說不應該說的話,都叫做妄語。所以五戒裏頭,就把那兩舌、惡口、綺語,一齊包括在 裏頭。那麼妄語一種,就是十惡業裏頭的四種口業。這樣看來,那五戒裏頭的四戒,不是已經同了十惡業都相同的麼?

  還有十惡業裏頭的意業三種,怎麼樣的相同呢?我再來詳詳細細說給你們聽。一個人所以要殺生,不是為了貪活東西的味道好,就是貪活東西的血肉可以 補養自己的身體這兩種緣故,就都成了貪業。若是看見了毒的東西,恨他要害著自己的身體,那就成了瞋業。偷盜一件事情,更加完全是貪業了。邪淫有兩種分別: 一種是貪婦女的美貌,這就是貪業;一種是不懂道理,胡作胡為,那就是癡業。講到一個人所以要妄語的緣故,那就多得很了。或是因為動了火,就隨便罵人,那是 瞋業。或是因為貪得什麼好處,說假話,那就是貪業。或是因為不懂得道理,趁著自己的嘴,瞎說瞎話,那就是癡業。所以犯了五戒裏頭的殺生、偷盜、邪淫、妄語 四種,也就犯了十惡業裏頭的貪、瞋、癡三種意業了。

  講到酒這樣東西,最容易迷惑人性情的。一個人飲了酒,就會糊糊塗塗,顛顛倒倒,實在是生出癡業來的原因。若是飲了酒,任著性子罵人,又成了瞋業 的原因。若是趁著酒興,就動起貪財貪色的念頭來,這又是貪業的原因。那麼五戒裏頭的飲酒一種事情,已經完全犯了十惡業裏頭的三種意業了。

  所以能夠守五戒,就同了修十善業,的確是差不多的。我這樣詳詳細細說了,你們總應該明白了。不過只曉得修十善業,不曉得念佛求生到西方極樂世界 去的人,既然不能夠超出三界。那麼只能夠守五戒,不能夠念佛求生到西方極樂世界去的人,也自然一樣的不能夠超出三界了。所以十善業自然要修,五戒自然要 守。最要緊的,還是念佛求生到西方極樂世界去。這層道理,是最最要緊的,不可以不牢記在心裏頭的。

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿