Jumat, 22 Juli 2016

Pandangan Benar 09



Pandangan Benar dan Pandangan Sesat
(Bagian 9)

 Dapat diketahui bahwa dari empat periode alam ini yakni muncul, berlangsung, rusak dan kosong, para Buddha hanya akan muncul pada periode keberlangsungan, sedangkan periode muncul, rusak dan kosong tidak ada Buddha yang muncul.  

Catatan :
1 kalpa besar =4 kalpa menengah
1 kalpa  menengah= 20 kalpa kecil
4 kalpa menengah mencakup proses “pembentukan (20 kalpa kecil), berlangsung (20 kalpa kecil), rusak (20 kalpa kecil) dan kosong (20 kalpa kecil)” = 1 kalpa besar (kalpa besar masa sekarang ini disebut Bhadrakalpa)

Pada permulaan kalpa rusak, terlebih dulu yang musnah adalah para makhluk, sampai pada kalpa kecil yang terakhir yakni kalpa kecil yang ke-20, alam mulai mengalami kerusakan. Ketika para makhluk hidup mengalami pemusnahan, diantaranya adalah para makhluk di enam alam tumimbal lahir, setelah meninggal dunia, mereka akan mengikuti karma yang diperbuat dan bertumimbal lahir ke alam lainnya, atau juga menuruti tekadnya terlahir di Negeri Buddha, sedangkan makhluk di Alam Neraka yang hukumannya belum habis akan dipindahkan ke Neraka di penjuru alam lainnya untuk meneruskan menjalani siksaan.
   
Seperti yang disebutkan dalam Ksitigarbha Sutra : “Ketika alam ini rusak, maka dikirim ke alam lainnya, setelah alam lainnya rusak, dikirim lagi ke penjuru lainnya. Hukuman di Neraka Avici adalah sedemikian rupa”.

Dapat diketahui bahwa buah akibat dari perbuatan adalah bagaikan bayangan mengikuti diri, meskipun planet Bumi telah musnah, namun balasan akibat perbuatan juga belum usai, bahkan masih dikirim ke Neraka di penjuru lainnya, untuk meneruskan menjalani siksaan.

Sedangkan praktisi pelafal Amituofo, dengan mengandalkan benih karma sucinya, saat kiamat menjelang, sejak awal telah terlahir di Negeri Buddha, bertemu Buddha mendengarkan pembabaran Dharma, meneruskan melatih diri dan menikmati kebahagiaan.

Dipetik dari :
Ceramah Master Wen Zhu 
Judul : Pandangan Benar dan Pandangan Sesat


正見與邪見
 ()

可知賢劫的二十小劫中,除第九、第十、第十一個小劫有佛出世外,前後各小劫,皆無佛出世,直到第二十小劫末期,世界即進入壞劫。

壞劫之初,先壞有情世間,直至最後第二十小劫,開始壞器世間。壞有情世間時,其中六道眾生,死即隨業轉生他方世界,或隨願往生佛國,即使地獄眾生、業報未盡,亦轉寄他界地獄受苦。如地藏經言:「此界壞時,寄生他界,他界次壞,轉寄他方。無間罪報其事如是。」可知因果報應,如影隨形,即使地球毀滅,罪業惡報,亦難幸免,仍要轉寄他方世界,地獄受報。而行善之人,憑其所修善業因緣,在世界末日之前,早已往生佛國,見佛聞法,繼續修行,或轉生他方世界,享受人天福樂。

节录自 :