Sabtu, 08 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 28


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 28

Pasti Terlahir ke Alam Sukhavati
Ada sejenis orang yang bersikap keterlaluan, mengatakan bahwa sebagai orang awam mana mungkin bisa terlahir ke Alam Sukhavati? Praktisi yang melafal Amituofo cuma ingin menghapus dosanya, kelak sampai di Neraka tidak perlu menjalani siksaan yang begitu berat. Ucapan orang ini sungguh menyesatkan.

Buddha Sakyamuni mengasihi para makhluk sehingga datang ke dunia ini, menjalani pertapaan keras selama enam tahun demi menemukan jalan untuk membebaskan para makhluk dari tumimbal lahir, sehingga kemudian dengan Maha Maitri KarunaNya membabarkan pada kita tentang 48 tekad agung Buddha Amitabha dan mengajari kita sebuah metode pelatihan diri yang mudah dan praktis supaya bisa terlahir ke Alam Sukhavati dan mengakhiri samsara.

Coba pikirkan, mana mungkin Buddha Sakyamuni dan Buddha Amitabha akan membohongi kita? Maka itu asalkan kita melatih diri sesuai dengan Dharma, semuanya pasti berhasil. 

Dalam melatih diri yang penting adalah keteguhan hati, membulatkan tekad untuk terlahir ke Alam Sukhavati, tidak boleh ada keraguan sama sekali. Begitu ada keraguan maka tidak sanggup terfokus lagi, kalau tidak sanggup terfokus maka takkan berhasil.

Mungkin kalian berpikir, saya adalah orang penuh dosa, mustahil bisa terlahir ke Alam Sukhavati, sesungguhnya ini bukanlah masalah, asalkan perbanyak melafal Amituofo, memiliki hati yang mau bertobat, maka dosa yang pernah dilakukan sebelumnya, berangsur-angsur juga akan lenyap.  

Tetapi bukan berarti boleh melakukan kejahatan dengan sesuka hati, setelah melafal Amituofo dan bertobat maka segalanya jadi beres.

Kalau memiliki pemikiran begini, maka takkan bisa berhasil melatih diri. Bukan hanya dosa tidak bisa dieliminasi, bahkan dosa juga akan kian bertambah! Tempo dulu telah melakukan karma buruk, setelah melafal Amituofo dapat menghapusnya, ini adalah maitri karuna Buddha Amitabha.

Melihat kita mau membangkitkan ketulusan melafal Amituofo, bertobat atas karma buruk yang pernah diperbuat, setelah melangkah di jalan pelatihan diri maka takkan mengulangi kesalahan lagi. Maka itu Buddha Amitabha dengan maha kebijaksanaan, maha berkah kebajikan, maha kewibawaan, maha kemampuan gaib-Nya menghapus dosa kita semuanya.

Jadi mana boleh karena dimaafkan maka bisa sesuka hati melakukan kejahatan lagi? Kalau menyimpan niat begini, walaupun melafal Amituofo masih punya sedikit ketulusan, tapi tidak punya hati yang mau bertobat, kalau begini, mana bisa menghapus karma buruk? Kebenaran ini amatlah penting, tidak boleh tidak dipahami.    

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang



初機淨業指南
二十八

決生淨土

有一種人虛心太過分了,總說我們這樣的凡人,還不及天界的人,哪里就夠得上到西方極樂世界去呢?我們念佛,不過想消掉些罪孽,將來到陰司裏去,不致於吃苦罷了。

咳!這種人真是想差了主意了。釋迦牟尼佛,因為哀憐你們這般人,在這個世界上吃苦。所以發這個大慈悲心,把阿彌陀佛這個大願心,告訴你們。教你 們一個極方便、極容易修到西方極樂世界去的法子,叫你們大家離開這個極苦惱的世界,都到極快樂的西方極樂世界去。你們想想看,阿彌陀佛同那釋迦牟尼佛,哪 里肯騙你們呢?所以你們只要照這個法子去修,沒有修不成功的。不過要修,一定要拿定主意,一心一意要修到西方極樂世界去,不可以有一些些的疑惑心。疑惑心 一起,就不能夠一心一意了。不能夠一心一意,就要修不成功了。

你們若是想,你們自己總有些罪孽的,所以恐怕不能夠修到西方極樂世界去。實在是不要緊的,就是你們從前有些罪孽,多念了佛,存了懺悔罪孽的心, 那麼你們雖然從前有些罪孽,也自然會消去的。不過你們不可以想,我們儘管作些孽不要緊的,只要會念阿彌陀佛,只要會懺悔,那罪孽就會消去的。若是你們存了 這個念頭,那就一定修不成功了。不獨是罪孽不能夠消去,並且還要罪上加罪哩!從前已經作的孽,念了佛可以消去,這是阿彌陀佛的慈悲。看見你們肯誠心念佛, 懺悔從前的罪孽,一定是走到了修行的這條路上來了,不會再作孽了。所以阿彌陀佛就用他的大智慧、大福德、大威力、大神通,把你們的罪孽消去了。你們怎樣可 以仗了會念佛,就隨便作孽呢?若是存了這樣的心,就是念佛,也是沒有一些誠心的,沒有一些懺悔心思的,怎麼會消去罪孽呢?這層道理,是很要緊的,不可以不 明白的。

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿