Rabu, 05 Oktober 2016

Ajaran Sukhavati Bagi Pemula 16


Ajaran Sukhavati Bagi Pemula
Bagian 16

Avidya
Avidya adalah ketidaktahuan atau kegelapan batin. Avidya menutupi jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan) kita sehingga tidak bisa memahami kebenaran. Setelah berhasil mencapai tingkatan Maha Bodhisattva maka Avidya akan semakin berkurang, sehingga mampu melihat segala sesuatu adalah khayalan semu.

Setelah Avidya dilenyapkan hingga tuntas, barulah khayalan semu ini akan sirna dengan sendirinya, barulah kebenaran dapat dipahami, inilah pencapaian KeBuddhaan.

Kebenaran ini sulit dipahami, namun praktisi pemula hendaknya juga perlu mengetahui garis besarnya. Setelah memahaminya barulah secara bertahap dapat meredakan lobha (ketamakan), dosa (kebencian) dan moha(kedunguan).

Di sini saya mengemukakan sebuah perumpamaan, ketika anda tidur terlelap dalam mimpi, di dalam mimpi ada diri sendiri, orang-orang di sekitar kita, juga ada rumah, ada benda-benda lainnya. Kadang kala suasana dalam mimpi itu adalah menyenangkan dan indah, sebaliknya kadang kala suasana tersebut malah sungguh tak menyenangkan. Sampai ketika kita terbangun barulah menyadari ternyata itu adalah mimpi.

Coba pikirkan, tubuh jasmani kita tergeletak di atas tempat tidur, jadi di dalam mimpi itu sosok diri sendiri itu adalah siapa? Dari mana asalnya? Lantas suasana dalam mimpi itu apakah nyata atau tidak?

Perlu diketahui bahwa oleh karena pikiran sedang disesatkan oleh Mara Tidur, barulah muncul fenomena-fenomena semu. Seseorang yang berada dalam alam mimpi tidak menyadari bahwa fenomena yang sedang dihadapinya adalah semu.

Ini serupa dengan diri kita sebagai orang awam, oleh karena pikiran kita disesatkan oleh Avidya (kegelapan batin), sehingga menciptakan banyak karma buruk, padahal fenomena kehidupan itu adalah semu adanya.  

Penulis : Upasaka Huang Qing-lan
Disahkan oleh Master Yin Guang


初機淨業指南
(十六)

無明所惑

  我上面所說的色、受、想、行、識的五種事情,實在都是空的。在你們心裏頭想起來,都是實在有的事情,怎麼說是空的呢?你們要曉得,那是因為被無 明迷住了真心,所以從真真空的裏頭,現出這樣虛的假的境界來的。(無明兩個字,就是不明白的意思。這件東西,是沒有質地的。被他迷住了真心,就使得那真實的道理,不能夠明明白白顯他出來,所以叫他做無明。)要是修到了大菩薩的地位,那無明 就漸漸的少了,就可以見得這種種的事情,都不是實在的了。直要到無明去得乾乾淨淨的時候,那種虛的假的境界才自然會沒有,那真實的道理才自然會明白,那就 是成了佛了。

  這層道理,本來是很不容易明白的。但是起初學佛的人,也應該要約略曉得的。曉得了這種道理,就可以使得那貪、瞋、癡的噁心,漸漸的平下去。所以我不能夠不稍稍告訴你們一些。

  我現在再把一件事情來做一個證據,可以去掉你們種種的疑惑心。譬如你們夜裏頭睡著了,不是要做夢的麼?那夢裏頭,也有自己,也有旁人,也有房 屋,也有器具。有時受著的,是很快樂的境界。有時受著的,是很苦惱的境界。等到醒了轉來,才曉得是一個空夢。你們想想看,你們的身體睡在床上的時候,那夢 裏頭到各處去的身體是你們的呢?不是你們的呢?是從什麼地方來的呢?那夢裏頭的種種事情究竟是真實的呢?還是不真實的呢?你們要曉得,那是因為被睡魔迷住 了心,所以現出這種種虛的假的境界來。一個人在做夢的時候,總也不知道這種種的境界,都是沒有的,都是虛的假的。這真像我們這般凡夫,被那無明迷住了心, 就造出這種種虛的假的事情來,一個樣子。其實一絲一毫,也沒有真實的。

文摘恭錄 : 初機淨業指南
印光法師鑒定 
淨業弟子黃慶瀾演稿