Rabu, 03 Agustus 2016

Lebih Giat Melatih Diri 02



Momen Untuk Lebih Giat Melatih Diri
Bagian 2

Dharma Non Duniawi terbagi lagi jadi dua, yakni Mahayana dan Theravada. Aliran Theravada hanya berusaha keluar dari tumimbal lahir, namun ini belumlah sempurna, Sravaka dan Pratyekabuddha adalah termasuk Theravada. Mereka hanya memberi manfaat pada diri sendiri, sedangkan untuk mencapai KeBuddhaan, selain memberi manfaat bagi diri sendiri, juga harus memberi manfaat bagi makhluk lainnya, Sang Buddha telah sempurna dalam memberi manfaat baik bagi diri sendiri maupun bagi makhluk lainnya.

Tujuan dari Aliran Mahayana adalah mencapai KeBuddhaan, bila tidak mencapai KeBuddhaan maka tidak bisa digolongkan sebagai Mahayana. Setelah mencapai KeBuddhaan barulah bisa dikatakan sebagai sempurna.

Pintu Dharma Tanah Suci adalah Dharma Non Duniawi, termasuk dalam Aliran Mahayana. Apa yang saya katakan, seluruhnya adalah dipetik dari sutra Buddha, penjelasan yang ditulis oleh Guru Sesepuh, saya takut kalian salah paham, mengira kalau saya berbohong dan berlagak pintar, memaksakan diri mengatakan bahwa Tanah Suci terkategori dalam Mahayana.

Tetapi, apakah saya memahami tentang Tanah Suci? Di dunia ini tidak ada seorang pun yang memahaminya, bahkan Bhiksu, Bhiksuni, Upasaka dan Upasika, semuanya tidak memahaminya. Hanya para Buddha yang dapat memahami Pintu Dharma Tanah Suci, bahkan Bodhisattva tingkatan ke-10 juga tidak memahaminya, sedangkan Bodhisattva Calon Buddha yang segera akan mencapai KeBuddhaan, juga baru memahaminya sedikit.

Maka itu Amitabha Sutra menyebutkan bahwa Pintu Dharma Tanah Suci adalah “Dharma yang sulit dipercaya”, dimana letak kesulitan untuk mempercayainya? Pintu Dharma Tanah Suci tampaknya biasa-biasa saja, namun untuk mengamalkannya adalah tidak biasa, maka itu disebut sebagai Dharma yang sulit dipercaya.

Petikan Ceramah Upasaka Li Bing-nan
Pada Tahun Baru 1979 Masehi
Disusun oleh : Majalah Bulanan Minlun


()

出世間法又分兩乘,有大乘和小乘。小乘只求出輪迴,生死只了一半,沒有全了,聲聞、緣覺屬於這類。小乘人不在六道裡頭,但永遠不能成佛,學了一半就止住了,不能進步,他自己有好處,對眾生無好處。大乘是成佛,沒有成佛不算大乘,成佛才是最徹底。而淨土法門是出世間法,是小乘還是大乘?是大乘。我說的話皆是佛經上的,看祖師的註解說的,我怕諸位誤會,以為我妄作聰明,強說淨土是大乘。

但是,我懂淨土嗎?這世界上沒有懂得的,出家二眾,在家二眾皆不懂得。唯有佛懂得淨土法門,連十地菩薩也不懂得,等覺菩薩快成佛了,也才懂一點。所以阿彌陀經說,淨土法門是「難信之法」,難信在那裡?淨土法門看似平常,做起來不平常,所以是難信之法。

文摘恭錄 :
正是用功時節
李炳南老居士講述
民國六十八年元旦慎齋堂開示
明倫月刊社整理